Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Kemampuan Kosakata Pada Anak Autism Spectrum Disorder di Surakarta

Authors

  • Vina Anggraini Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Setyadi Nugroho Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Windiarti Dwi P Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32054

Keywords:

Interaksi Sosial, Kosakata, Autism Spectrum Disorder, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kemampuan interaksi sosial dan kemampuan kosakata pada anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) di Surakarta. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif dan rancangan cross sectional, melibatkan 49 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kemampuan interaksi sosial dan kemampuan kosakata dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05) dan koefisien korelasi 0.819, yang mengindikasikan kekuatan korelasi yang kuat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan interaksi sosial dan kemampuan kosakata pada anak ASD di Surakarta.

References

Ayulianti, B., Hudin, R., & Nardi, M. (2021). Metode pembelajaran dalam mengembangkan interaksi sosial anak tunarungu. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, Vol, 2(1).

Azizah, N., Psikologi, F., Merdeka, U., & Pengantar, M. (2015). Kemampuan Theory of Mind Anak Usia 3-5 Tahun Ditinjau dari Intensitas Interaksi dengan Saudara Kandung (Vol. 10, Issue 1).

Christyastari, W., & Rusmawan. (2023). Interaksi Sosial Siswa Autis Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2). https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2406

Dewi, Y. utari. (2018). Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Kemampuan Turn Taking pada anak Autisme di Layanan Disabilitas Pendidikan Dan Inklusi Kota Surakarta.

Ginanjar, A. S. (2007). Memahami Spektrum Autistik Secara Holistik. Makara Human Behavior Studies in Asia, 11(2), 87. https://doi.org/10.7454/mssh.v11i2.121

Kurniawan, A. (2021). Deteksi Dini Anak Autism. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(1). https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p57-61

Lubis, F., & Suwandi, J. F. (2016). Paparan Prenatal Valproat dan Autism Spectrum Disorder (ASD) pada Anak. Majority, 5(3).

Markus, N., kusmiati, & sucipto. (2017). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah, 4(2). http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs

Ningsih, I. D. (2018). Interaksi Sosial Anak Tunarungu Kelas I di SD Inklusi Negeri Gejayan. Widia Ortodidaktika, April.

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 TAHUN. Fathering: A Journal of Theory, Research, and Practice about Men as Fathers, 24(1).

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial pada Anak Usia PraSekolah. Jurnal Kesehatan, 4(1).

Putri, A. U. M., Maktum, R., Wahyuningsih, S., & Ramdan, S. Z. (2023). Interaksi sosial anak tunarungu di lingkungan masyarakat. Renjana Pendiidkan Dasar, 3(1).

Putri, T. F., Santa, S., & Mirawati, M. (2023). Analisis Interaksi Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.80607

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Solicha, I. (2019). Interaksi Sosial Anak Tunarungu dalam Sekolah Umum di TK Syafina Sidotopo Wetan Surabaya. Child Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1340

Suteja Jaja. (2014). Bentuk Dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos , 3(1).

Tanjung, M. F. (2014). Interaksi Sosial Anak Tunarungu Di Sd Negeri 4 Bejen Karanganyar. Skripsi.

Tarigan, A. F., & Marlina, M. (2019). Pola Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang. PAKAR Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.24036/pakar.v17i2.26

Ulfah, I. M. (2015). Jurnal Pendidikan Khusus Interaksi Sosial Peserta Didik Autis Di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus.

Ulfah, I. M., & Budiyanto. (2015). Interaksi Sosial Peserta Didik Autis di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(1).

Utami, A. D. (2023). Hubungan Antara Ineteraksi Sosial dengan Kemampuan Bahasa ekspresif anak Autism Di Surakarta. SKRIPSI.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Anggraini, V. ., Nugroho, S. ., & P, W. D. . (2025). Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Kemampuan Kosakata Pada Anak Autism Spectrum Disorder di Surakarta. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(4), 879–892. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32054