Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Kemampuan Kosakata Pada Anak Autism Spectrum Disorder di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32054Keywords:
Interaksi Sosial, Kosakata, Autism Spectrum Disorder, AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kemampuan interaksi sosial dan kemampuan kosakata pada anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) di Surakarta. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif dan rancangan cross sectional, melibatkan 49 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kemampuan interaksi sosial dan kemampuan kosakata dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05) dan koefisien korelasi 0.819, yang mengindikasikan kekuatan korelasi yang kuat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan interaksi sosial dan kemampuan kosakata pada anak ASD di Surakarta.
References
Ayulianti, B., Hudin, R., & Nardi, M. (2021). Metode pembelajaran dalam mengembangkan interaksi sosial anak tunarungu. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, Vol, 2(1).
Azizah, N., Psikologi, F., Merdeka, U., & Pengantar, M. (2015). Kemampuan Theory of Mind Anak Usia 3-5 Tahun Ditinjau dari Intensitas Interaksi dengan Saudara Kandung (Vol. 10, Issue 1).
Christyastari, W., & Rusmawan. (2023). Interaksi Sosial Siswa Autis Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2). https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2406
Dewi, Y. utari. (2018). Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Kemampuan Turn Taking pada anak Autisme di Layanan Disabilitas Pendidikan Dan Inklusi Kota Surakarta.
Ginanjar, A. S. (2007). Memahami Spektrum Autistik Secara Holistik. Makara Human Behavior Studies in Asia, 11(2), 87. https://doi.org/10.7454/mssh.v11i2.121
Kurniawan, A. (2021). Deteksi Dini Anak Autism. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(1). https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p57-61
Lubis, F., & Suwandi, J. F. (2016). Paparan Prenatal Valproat dan Autism Spectrum Disorder (ASD) pada Anak. Majority, 5(3).
Markus, N., kusmiati, & sucipto. (2017). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah, 4(2). http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs
Ningsih, I. D. (2018). Interaksi Sosial Anak Tunarungu Kelas I di SD Inklusi Negeri Gejayan. Widia Ortodidaktika, April.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 TAHUN. Fathering: A Journal of Theory, Research, and Practice about Men as Fathers, 24(1).
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial pada Anak Usia PraSekolah. Jurnal Kesehatan, 4(1).
Putri, A. U. M., Maktum, R., Wahyuningsih, S., & Ramdan, S. Z. (2023). Interaksi sosial anak tunarungu di lingkungan masyarakat. Renjana Pendiidkan Dasar, 3(1).
Putri, T. F., Santa, S., & Mirawati, M. (2023). Analisis Interaksi Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.80607
Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900
Solicha, I. (2019). Interaksi Sosial Anak Tunarungu dalam Sekolah Umum di TK Syafina Sidotopo Wetan Surabaya. Child Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1340
Suteja Jaja. (2014). Bentuk Dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos , 3(1).
Tanjung, M. F. (2014). Interaksi Sosial Anak Tunarungu Di Sd Negeri 4 Bejen Karanganyar. Skripsi.
Tarigan, A. F., & Marlina, M. (2019). Pola Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang. PAKAR Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.24036/pakar.v17i2.26
Ulfah, I. M. (2015). Jurnal Pendidikan Khusus Interaksi Sosial Peserta Didik Autis Di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus.
Ulfah, I. M., & Budiyanto. (2015). Interaksi Sosial Peserta Didik Autis di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(1).
Utami, A. D. (2023). Hubungan Antara Ineteraksi Sosial dengan Kemampuan Bahasa ekspresif anak Autism Di Surakarta. SKRIPSI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vina Anggrainni, Setyadi Nugroho, Windiarti Dwi P

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.