Analisis Promosi Media Sosial, E-Wom, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Mediasi

Authors

  • Ega Artin Septia Wati Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
  • Ariati Anomsari Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32078

Keywords:

Promosi Media Sosial, Electronic Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi Media Sosial, Electronic Word of Mouth (E-WoM), dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, dengan Minat Beli sebagai variabel mediasi. Dimsum Narawi Pleburan Semarang dipilih sebagai objek penelitian karena meskipun memiliki strategi pemasaran digital yang aktif, omzet penjualannya mengalami fluktuasi yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah melakukan transaksi di Dimsum Narawi Pleburan Semarang. Pengujian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, serta pengujian hipotesis untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Media Sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, tetapi tidak secara langsung mempengaruhi Minat Beli. Sebaliknya, E-WoM dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Selain itu, Minat Beli terbukti memediasi hubungan antara E-WoM dan Keputusan Pembelian, serta Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian, tetapi tidak memediasi hubungan antara Promosi Media Sosial dan Keputusan Pembelian

References

Aksara. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Alamudi, F. F., & Utomo, S. B. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Warung Jumbo Secara Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(12).

Armono, D., & Najib, M. R. B. (2023). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Ketahanan Umkm Di Kota Mataram Setelah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Aplikasi Bisnis, 20(2), 483–495.

Aryani, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue Kota Mataram. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 261–269.

Astuti, Y. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan ayam penyet cabe ijo kota langsa. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1).

Azizah, N., Carolina, P. S., & Alfaizi, M. R. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(2), 87–98.

Buana, M. M. I., & Nani, N. (2023). Analisis Strategi Marketing Mix Melalui Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Sarimbit Alwa Hijab. TSARWAH, 8(2), 103–114.

Daput, G. R., Widiatama, J., Zamrodah, Y., & Budiman, E. W. (2024). Pengaruh Eksistensi Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Jagung Kota Blitar. Sigmagri, 4(2), 156–166.

Diana, N., Juliati, R., & Handayanto, E. (2024). The Relationship of E-Wom, Brand Ambassador to Buying Interest, and Brand Image as Mediation Variables. 3(01), 1–14. https://doi.org/10.22219/bimantara.v3i01.27673

Dilasari, E. M., & Yosita, G. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–40.

Dina, S. B., & Marlien, R. A. (2023). Peran Celebrity Endorser, Social Media Marketing Dan Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying: Studi Pada Pengguna Body Lotion Scarlet Whitening . Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1274–1290. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.4896

Efdison, Z., Yelnim, Y., Yadewani, D., & Harahap, E. F. (2022). Pengaruh perceived value, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang pada Distro Agung Sungai Penuh. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3604–3609.

Hamdani, N. A., Widiasih, N., Gumilar, I. R., Herlianti, A. O., & Setiana, S. M. (2023). Promotion and Experiential Marketing on Purchasing Decisions Mediated by E-Wom in Coffee SMEs. Journal of Eastern European and Central Asian Research (Jeecar), 10(6), 900–910. https://doi.org/10.15549/jeecar.v10i6.1512

Karim, A., & Asrani, D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 279–285.

Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98.

Kemenkeu. (2022). Sinergi Pemberdayaan UMKM. Central Transformation Office Kemenkeu, 1–15.

Khaira, N., Saputra, F., & Syarief, F. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Sudut Halaman. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 24–30.

Lestari, N. W., & Huda, M. (2024). Pengaruh Omnichannel Marketing dan Product Assortment terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen UMKM FNB di Pandaan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1580–1593.

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101–115.

Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas. Co. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 6(3), 255–264.

Nugroho, D. P., & Bakar, A. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAN MAXXIS MELALUI MINAT BELI PADA CV HARKAT FAWWAZ SEJAHTERA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(6), 944–953.

Nugroho, I. A., & Laily, N. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(7).

Nuvriasari, A. (2023). PERAN EXPERIENTIAL MARKETING, KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI BELANJA DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG. MANAJEMEN DEWANTARA, 7(3), 573–584.

Puspita, N. (2024). Pengaruh Konten Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Followers Instagram@ bangkafoodbang): Studi Kasus Pada Followers Instagram@ bangkafoodbang. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 4(4), 393–402.

Rohman, D. T., Nurlia, N., Hardinata, E., & Yudha, M. N. (2024). Analisis Digital Marketing Dapat Meningkatkan Purchase Intention Produk Umkm Melalui Content Marketing Di Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 15(2), 294–303.

Rojikun, A. (2022). Dampak Promosi Pada Media Sosial Terhadap Keterlibatan Pelanggan Dan Minat Beli Pada Usaha Mikro Menengah Dan Kecil. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 96–103. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.213

Sanjaya, F. A., Ambarwati, R., & Lesmanawati, D. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Electronic Word Of Mouth (Studi Kasus: Konsumen Kedai “Ikhtiar” Banjarbaru). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 82–89. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i2.354

Saputra, R., & Widianto, N. (2021). The Impact of Social Media on Consumer Decision-Making: An Experimental Study. Jurnal Office, 7(2), 393. https://doi.org/10.26858/jo.v7i2.45365

Saputri, Sani, N. (2022). Pengaruh Variasi Produk Dan Strategi Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Somethinc. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 7–28. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.146

Siska, S., & Mufidah, R. (2023). BISNIS CERDAS MENGANGKAT POTENSI UMKM DENGAN BUSINESS INTELLIGENCE. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Subhan, S., Ode, P. K., & Hidayanti, I. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-Wom) TERHADAP MINAT BELI PADA MASKER AXIS-Y MUGWORT PORE CLARIFYING WASH OFF PACK DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pengguna TikTok). Jurnal Mitra Manajemen, 6(3), 141–153. https://doi.org/10.52160/ejmm.v6i3.601

Sunjaya, C., Setianingsih, R. E., & Dema, Y. (2024). An Investigation Into the Impact of Personal Branding and Social Media Marketing on Purchase Intention Among Tiktok Users in the Indonesia Grilled Sambal Market of Jakarta. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 31(1), 107–118. https://doi.org/10.46806/jep.v31i1.1149

Susanto, H. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Location terhadap Minat Beli pada Kedai Titik Temu di Sampit. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 72–84.

Tammu, R. G., & Palimbong, S. M. (2022). Pengaruh electronic word of mouth, gaya hidup dan kepercayaan terhadap keputusan pembeli online melalui shopee. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 433–438.

Tapparan, S. R., & Allo, O. F. T. (2022). Pengaruh viral marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi shopee. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 5041–5048.

Widjaja, Y. R. (2023). PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 1–13.

Wohon, J. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli pada Algonz Mart. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 8(3), 294–305.

Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram@ carubanmangan. Jurnal E-Bis, 6(1), 212–230.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Artin Septia Wati, E., & Anomsari, A. (2025). Analisis Promosi Media Sosial, E-Wom, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(3), 449–471. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32078