Hubungan Kemampuan Phonological Awareness dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada anak Pra Sekolah Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32143Keywords:
Phonological Awareness, Expressive Language, Preschool Children aged 5-6 yearsAbstract
Kesadaran fonologis, kemampuan untuk mengenali dan memanipulasi suara lisan, sangat penting untuk pengembangan bahasa ekspresif pada anak-anak prasekolah. Keterampilan fonologis yang terbatas dapat menghambat komunikasi verbal, namun hanya sedikit penelitian yang mengeksplorasi hubungan ini pada anak-anak Indonesia yang sedang berkembang. Penelitian ini mengkaji korelasi antara kesadaran fonologis dan bahasa ekspresif pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Karanganyar. Desain penampang digunakan dengan 56 anak yang dipilih melalui pengambilan sampel yang dimaksudkan. Data dianalisis menggunakan tes Peringkat Spearman untuk mengukur kekuatan dan signifikansi hubungan. Hasil mengungkapkan korelasi positif yang sangat kuat (r = 0,879, ρ = 0,000), dengan subketerampilan kesadaran fonologis (rima, pencampuran suku kata, identifikasi fonem) secara signifikan mempengaruhi bahasa ekspresif. Anak perempuan mengungguli anak laki-laki di kedua domain. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan fonologis dalam pendidikan awal untuk meningkatkan bahasa ekspresif, terutama dalam intervensi inklusif gender. Studi ini berkontribusi pada strategi pendidikan lokal dan menyerukan penelitian longitudinal untuk memvalidasi efek jangka panjang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agpra Julietta Amina Putri, Arif Siswanto, Gunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.