Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, dan Marketing Public Relations Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa pada Maskapai Batik Air di Bandar Udara Internasional Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i6.32270Keywords:
Social Media Marketing, Experiential Marketing, Marketing Public Relations, Usage DecisionAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pemasaran media sosial, pemasaran pengalaman, dan humas pemasaran baik secara terpisah maupun bersamaan mempengaruhi keputusan orang untuk menggunakan layanan penerbangan Batik Air di Bandara Internasional Banyuwangi. Dalam penelitian kuantitatif ini, penentuan sampel dilakukan dengan mengambil 100 responden yang dianggap mewakili populasi yang diteliti. Teknik nonprobability sampling digunakan, dengan purposive sampling yang dipakai berarti peneliti memilih responden berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Beberapa analisis regresi linier digunakan untuk mengolah data yang dikumpulkan melalui skala Likert. Hasil analisis regresi linier berganda Y = 2,603 + 0,005 + 0,015 + 0,009 + e, uji validitas menemukan bahwa instrumen penelitian valid, dan uji reliabilitas menemukan bahwa semua variabel yang digunakan dapat diandalkan. Riset menggunakan metode kuesioner.Berdasarkan hasil pengujian bahwa ketiga faktor, yaitu Social Media Marketing, Experiential Marketing, dan Marketing Public Relations, secara gabungan memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan penggunaan, sebagaimana ditunjukkan oleh F hitung (21.170) yang melampaui F tabel (2.699). Menariknya, saat dianalisis satu per satu, Experiential Marketing tampil sebagai pemain utama yang paling kuat memengaruhi keputusan, terlihat dari nilai t hitung (6.013) yang melampaui ambang batas 1.984. Sehingga, temuan menunjukkan bahwa pengalaman yang dirasakan langsung oleh pelanggan memiliki peran besar dalam mendorong seseorang untuk memilih menggunakan Batik Air.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dilla Cattleyana, Firda Octa Vidyawati, Rifka Arinda N

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.