mplementasi Metode Prototype dalam Pengembangan Sistem Monitoring Berbasis Website di Pondok Pesantren HPAIC Merapi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32304Keywords:
Sistem monitoring pondok pesantren HPAIC Merapi, Prototyping, UsabilityAbstract
Sebagai institusi pendidikan keagamaan di wilayah kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pondok pesantren HPAIC Merapi mengemban tugas menyajikan pengajaran agama secara menyeluruh sambil memadukan keilmuan terkini dengan ajaran keislaman. Tingginya minat masyarakat terhadap pondok pesantren HPAIC Merapi mengakibatkan timbulnya tantangan terkait monitoring pembelajaran, terutama ketika jumlah santri yang menuntut ilmu terus bertambah. Permasalahan pokok yang dihadapi oleh pengelola pondok pesantren HPAIC Merapi berkaitan dengan aktivitas monitoring pembelajaran santri beserta berbagai laporan, mencakup laporan pembelajaran santri kepada wali murid, laporan kondisi fasilitas, dan laporan administrasi. Seluruh kegiatan tersebut masih menggunakan cara manual yang mengakibatkan proses menjadi tidak efisien dan belum tersedianya dokumentasi sistematis untuk setiap laporan yang diterima pondok pesantren HPAIC Merapi. Sebagai solusi, diperlukan sistem monitoring yang mampu mengoptimalkan pengelolaan aktivitas belajar santri, terutama untuk mencatat perkembangan pembelajaran dan capaian hafalan per minggu, bulan, semester, hingga tahun. Guna menghasilkan sistem monitoring yang tepat guna, perlu dilaksanakan pengamatan mendalam terkait hambatan yang ditemui pengelola, sehingga rancangan sistem yang dihasilkan dapat mengakomodasi keperluan pengurus pondok pesantren HPAIC Merapi. Perancangan sistem monitoring untuk pondok pesantren HPAIC Merapi memanfaatkan metode pengembangan digital high-fidelity prototype yang dioperasikan melalui figma. Proses evaluasi akan menerapkan metode pengujian usability yang menitikberatkan pada aspek kemudahan pemahaman dan pengoperasian sistem oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian sistem monitoring di pondok pesantren HPAIC Merapi, terungkap bahwa seluruh fitur dan fungsi sistem beroperasi secara optimal. Hal ini menunjukkan bahwa sistem tersebut telah mencapai kriteria fungsionalitas yang diharapkan serta mampu menyediakan pelayanan yang memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pengguna. Keberhasilan sistem ini tercermin dari manfaat yang diperoleh pengurus pondok pesantren, khususnya dalam memudahkan aktivitas monitoring belajar santri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Najib Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.