Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Leni Rosilawati Universitas Kuningan
  • Zaenal Abidin Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32315

Keywords:

STEM, berpikir kritis, keterampilan abad 21, inovasi pembelajaran, berpikir tingkat tinggi

Abstract

Berdasarkan perkembangan zaman, dunia pendidikan banyak mengalami perubahan, termasuk berbagai kompetensi yang di harapkan ada pada siswa sesuai dengan perkembangan abad 21. Saat ini STEM banyak digunakan untuk meningkatkan berbagai kompetensi. Salah satunya kompetensi berpikir kritis siswa sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di abad 21. Pembelajaran STEM dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam empat bidang pengetahuan, yaitu keterampilan sains, keterampilan pengoperasian teknologi, pemecahan permasalahan secara teknis, dan keterampilan pada matematika. Namun pencapaian semua kompetensi tersebut haruslah dibarengi dengan kemampuan berpikir kritis sebagai mother of competence dari kompetensi utama dalam empat kompetensi di abad 21. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk melihat bagaimana pembelajaran berbasis STEM yang dilakukan di sekolah, lalu bagaimana hasil yang didapatkan dari penerapan STEM tersebut terhadap siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini ialah dengan studi kajian literatur dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian literatur ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan penelitian yang fokus pada topik penelitian. Artikel ini mengkaji efektivitas pembelajaran STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika, sehingga membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Melalui metode systematic literature review, 10 artikel yang relevan dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Berdasarkan temuan tersebut, artikel ini merekomendasikan penggunaan pembelajaran STEM sebagai alternatif dalam pembelajaran yang kontekstual dan relevan, yang dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Rosilawati, L., & Abidin, Z. . (2025). Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa . Jurnal Sosial Dan Sains, 5(7), 1985–993. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32315