Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32315Keywords:
STEM, berpikir kritis, keterampilan abad 21, inovasi pembelajaran, berpikir tingkat tinggiAbstract
Berdasarkan perkembangan zaman, dunia pendidikan banyak mengalami perubahan, termasuk berbagai kompetensi yang di harapkan ada pada siswa sesuai dengan perkembangan abad 21. Saat ini STEM banyak digunakan untuk meningkatkan berbagai kompetensi. Salah satunya kompetensi berpikir kritis siswa sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di abad 21. Pembelajaran STEM dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam empat bidang pengetahuan, yaitu keterampilan sains, keterampilan pengoperasian teknologi, pemecahan permasalahan secara teknis, dan keterampilan pada matematika. Namun pencapaian semua kompetensi tersebut haruslah dibarengi dengan kemampuan berpikir kritis sebagai mother of competence dari kompetensi utama dalam empat kompetensi di abad 21. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk melihat bagaimana pembelajaran berbasis STEM yang dilakukan di sekolah, lalu bagaimana hasil yang didapatkan dari penerapan STEM tersebut terhadap siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini ialah dengan studi kajian literatur dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian literatur ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan penelitian yang fokus pada topik penelitian. Artikel ini mengkaji efektivitas pembelajaran STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika, sehingga membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Melalui metode systematic literature review, 10 artikel yang relevan dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Berdasarkan temuan tersebut, artikel ini merekomendasikan penggunaan pembelajaran STEM sebagai alternatif dalam pembelajaran yang kontekstual dan relevan, yang dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Leni Rosilawati, Zaenal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.