Analisis Pengaruh Price, Promotion, People dan Process Terhadap Keputusan Pengajuan Kredit di PT. BPR NBP 15 –Tanah Karo

Authors

  • Rikwan Sinulingga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa, Indonesia
  • Samuel Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32336

Keywords:

Service Marketing Mix, Credit Application Decision, Rural Banks (BPR)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Price, Promotion, People, dan Process terhadap keputusan nasabah dalam mengajukan kredit pada PT. BPR NBP 15 – Tanah Karo. Permasalahan bermula dari penurunan jumlah peminjam meskipun terjadi peningkatan nilai total kredit yang disalurkan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari keempat variabel tersebut serta mengidentifikasi faktor yang paling dominan. Metode kuantitatif digunakan dengan analisis regresi linier berganda, berdasarkan data primer dari 204 nasabah aktif melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel Process berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengajuan kredit, sedangkan variabel Price, Promotion, dan People tidak berpengaruh signifikan secara statistik, namun tetap relevan secara praktis, menjadi bahan pertimbangan utama dalam menyusun strategi peningkatan kinerja kredit. Studi ini merekomendasikan peningkatan efisiensi prosedur penguatan kompetensi peran karyawan, dan pembaruan strategi promosi untuk memperkuat pengambilan keputusan nasabah dalam layanan mikrobanking.

References

Ajija, S. R., et al. 2011. Cara Cerdas Menguasai Analisis Multivariat dengan SPSS. Jakarta: Salemba Empat.

Ali, M. 2013. Definisi BPR dalam Konteks Perbankan Mikro. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Athar, H. S. 2022. “The Impact of Marketing Mix on the Purchase Decision When Borrowing Consumer Loans.” Open Access Journal.

Aurima, T. 2021. “Influence of Marketing Mix Factors on Customers' Decisions in Credit Purchasing.” Open Access Journal.

Chenni, T., and Reguig, M. K. 2024. “The Impact of Marketing Mix (5P’s) on the Intention to Purchase a Home Loan in Algerian Banks.” Open Access Journal.

Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Davis, F. D. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MIS Quarterly 13(3): 319–340.

Dodds, W. B., Monroe, K. B., and Grewal, D. 1991. “Effects of People, Brand, and Store Information on Buyers' Product Evaluations.” Journal of Marketing Research 28(3): 307–319.

Fanggidae, R. P. C., Nyoko, A. E. L., and Laiskodat, J. W. 2020. “The Effect of Marketing Mix on Decision to Become Customers of Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTT Kupang.” Open Access Journal.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. N. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.

Indriantoro, N., and Supomo, B. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Intan, S. V., Nazaruddin, and Wibowo, R. P. 2023. “The Influence of the Marketing Mix on the Lending Strategy of the Commercial & Corporate Segment at PT Bank ABC.” Open Access Journal.

Irawan, P. (2015). Analisis Statistik untuk Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kaiser, H. F. 1974. “An Index of Factorial Simplicity.” Psychometrika 39(1): 31–36.

Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kerlinger, F. N., and Lee, H. B. 2000. Foundations of Behavioral Research. 4th ed. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Khoiriyah, K., Rosilawati, W., and Hilal, S. 2024. “Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah Memilih BSI Griya.” Jurnal SINTA 2.

Kotler, P., and Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing. 17th ed. Pearson.

Kotler, P., and Keller, K. L. 2016. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education.

Lamb, C. W., Hair, J. F., and McDaniel, C. 2018. Marketing. Cengage Learning.

Laporan Tahunan PT. BPR NBP 15. 2024. Daftar LJK Penyalur Kredit UKM di Kabupaten Karo tahun 2024.

Laporan Tahunan PT. BPR NBP 15. 2024. Perkembangan Tabungan dan Deposito dalam Lima Tahun Terakhir.

Laporan Tahunan PT. BPR NBP 15. 2024. Pertumbuhan Aset dan Jaringan Operasional.

Li, X., Wang, M., and Zhang, L. 2021. “Customer Perceptions of Service Quality in Chinese Banking.” Open Access Journal.

Nachrowi, N. D., and Usman, H. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Neacşu, I. 2020. “Customer Loyalty Programs and Their Impact on Banking Services Demand.” Open Access Journal.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., and Berry, L. L. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Journal of Retailing 64(1): 12–40.

Peraturan OJK No. 25/POJK.03/2021 tentang Penyelenggaraan Produk BPR.

Peraturan OJK No. 7/POJK.03/2024 tentang Bank Perekonomian Rakyat.

Peraturan OJK No. 9/POJK.03/2024 tentang Tata Kelola Bank Perekonomian Rakyat.

Rachmatulloh, A. 2020. “Analisis Pengaruh Biaya dan Kejelasan Informasi terhadap Keputusan Kredit Nasabah.” Jurnal SINTA.

Raza, S. A., Jawaid, S. T., and Asif, M. 2020. “Digital Banking Services and Consumer Decision in South Asia.” Open Access Journal.

Rensis, L. 1932. “A Technique for the Measurement of Attitudes.” Archives of Psychology 140(1): 1–55.

Sabri Hasan, M., Wahid, M., and Basalamah, M. S. 2016. “Marketing Mix Effect on the Decision of Customers in Choosing Home Purchase Loans in PT. BNI 46 Griya BNI.” Open Access Journal.

Sasmita, T., and Puspitasari, R. 2021. “Pengaruh 5C dan 7P terhadap Pemberian Kredit: Studi Kasus pada PT. BNI dan PT. BRI Cabang Bogor.” Jurnal Nasional.

Semadi, I. M., Rustan, D. M., and Fitriany. 2022. “Analisis Pengaruh People, People, People dalam Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran Kredit Konsumtif pada PT. BPR Hasa Mitra Makassar.” Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan 4(1): 39–52.

Stanton, W. J., Etzel, M. J., and Walker, B. J. 2001. Fundamentals of Marketing. 10th ed. McGraw-Hill Education.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran OJK No. 41/SEOJK.03/2017 tentang Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR.

Tata, J., Black, K., and Hair, J. F. 2006. Essential Multivariate Techniques for Business Research. McGraw-Hill Education.

Tjiptono, F. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Publisher.

Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Undang-Undang No. 4 Tahun 2023 tentang P2SK.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Sinulingga, R., & Tarigan , S. . (2025). Analisis Pengaruh Price, Promotion, People dan Process Terhadap Keputusan Pengajuan Kredit di PT. BPR NBP 15 –Tanah Karo. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(7), 2063–2077. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32336