Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Di Sman 10 Palembang

Authors

  • Iqtina Sabnaha Oktariani Universitas Sriwijaya
  • Sukainah Universitas Sriwijaya
  • Rani Mega Putri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i6.32385

Keywords:

Motivasi belajar, bimbingan kelompok, permainan edukatif, ular tangga, partisipasi aktif, peserta didik

Abstract

Motivasi belajar peserta didik menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Observasi dan hasil asesmen kebutuhan di SMAN 10 Palembang menunjukkan adanya sejumlah peserta didik kelas XI yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan media permainan ular tangga. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus dengan subjek delapan peserta didik yang teridentifikasi mengalami motivasi rendah. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan aktif peserta didik dalam setiap siklus, dari 56% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 89% pada siklus III. Penggunaan media permainan ular tangga terbukti efektif menciptakan suasana bimbingan yang interaktif, menyenangkan, dan membangun kepercayaan diri serta partisipasi aktif peserta. Dengan demikian, layanan ini dapat menjadi strategi inovatif dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar di lingkungan sekolah.

Published

2025-07-04

How to Cite

Oktariani, I. S., Sukainah, S., & Putri, R. M. . (2025). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Di Sman 10 Palembang. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(6). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i6.32385