Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Di Sman 10 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i6.32385Keywords:
Motivasi belajar, bimbingan kelompok, permainan edukatif, ular tangga, partisipasi aktif, peserta didikAbstract
Motivasi belajar peserta didik menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Observasi dan hasil asesmen kebutuhan di SMAN 10 Palembang menunjukkan adanya sejumlah peserta didik kelas XI yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan media permainan ular tangga. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus dengan subjek delapan peserta didik yang teridentifikasi mengalami motivasi rendah. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan aktif peserta didik dalam setiap siklus, dari 56% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 89% pada siklus III. Penggunaan media permainan ular tangga terbukti efektif menciptakan suasana bimbingan yang interaktif, menyenangkan, dan membangun kepercayaan diri serta partisipasi aktif peserta. Dengan demikian, layanan ini dapat menjadi strategi inovatif dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar di lingkungan sekolah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iqtina Sabnaha Oktariani, Sukainah, Rani Mega Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.