Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Memori Jangka Pendek Dalam Pembentukan Pemahaman Jangka Panjang

Authors

  • Theodosia Yosephina Palma Universitas Katolik Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i8.32386

Keywords:

memori jangka pendek, memori jangka panjang, pembelajaran ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemindahan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Teori yang digunakan adalah short dan long term memory. Adapun metode yang digunakan adalah studi litetatur dengan sumber data melalui buku, artikel yang relevan dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa ada beberapa teknik yang digunakan untuk melatih short term memory menurut Gracia(2024)  yakni pengelompokan, mnemonic dan visualisasi sedangkan pendekatan space learning dengan rekomendasi praktis untuk pembelajaran di kelas seperti penjadwalan ulang materi, penggunaan teknologi untuk pengulangan dan pembelajaran dengan flashcard atau catatan visual dapat berpengaruh efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih efektif. 

Downloads

Published

2025-08-21

How to Cite

Yosephina Palma, T. (2025). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Memori Jangka Pendek Dalam Pembentukan Pemahaman Jangka Panjang. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(8), 6872–6876. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i8.32386