Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Memori Jangka Pendek Dalam Pembentukan Pemahaman Jangka Panjang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i8.32386Keywords:
memori jangka pendek, memori jangka panjang, pembelajaran ruangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemindahan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Teori yang digunakan adalah short dan long term memory. Adapun metode yang digunakan adalah studi litetatur dengan sumber data melalui buku, artikel yang relevan dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa ada beberapa teknik yang digunakan untuk melatih short term memory menurut Gracia(2024) yakni pengelompokan, mnemonic dan visualisasi sedangkan pendekatan space learning dengan rekomendasi praktis untuk pembelajaran di kelas seperti penjadwalan ulang materi, penggunaan teknologi untuk pengulangan dan pembelajaran dengan flashcard atau catatan visual dapat berpengaruh efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Theodosia Yosephina Palma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.