Peran Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Kelas Iv Dalam Menghada Pi Dekadensi Moral Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i8.32422Keywords:
Era Digital, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab, Peran GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di era digital yang menghadapi tantangan moral. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah menurunnya kesadaran dan rasa tanggung jawab siswa akibat dampak negatif kemajuan teknologi, seperti ketergantungan pada gadget dan berkurangnya semangat belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles & Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dengan memverifikasi data menggunakan metode yang berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting sebagai role model, motivator, dan pembimbing dalam proses pendidikan dan pengembangan karakter siswa, terutama dalam menanamkan nilai tanggung jawab melalui integrasi nilai karakter dalam pembelajaran dan contoh perilaku sehari-hari. Namun, tantangan eksternal seperti pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat serta keterbatasan kontrol guru terhadap penggunaan teknologi siswa menjadi hambatan yang perlu diatasi bersama.Penelitian ini menegaskan pentingnya kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Duwi Sholekhah, Yulianti Yulianti, Didik Iswayudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.