Efektivitas Asesmen Formatif pada Pembelajaran Biologi di SMA LTI IGM Palembang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32155Keywords:
formative, assesment, programs, comprehension, target, cognitiveAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memberikan sebuah deskripsi tentang Efektivitas Asesmen Formatif pada Pembelajaran Biologi di SMA LTI IGM Palembang. Penelitian dengan metodologi deskriptif kuantitatif ini dilakukan untuk menggambarkan dan menjabarkan data secara faktual yang selanjutnya hasil penelitian akan dianalisis dan akan diinterpretasikan. Sampel yang diambil yaitu 2 orang guru pendidikan Biologi dan 88 orang peserta didik. Selanjutnya data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa penerapan asesmen formatif sudah berjalan dengan sangat baik bila ditinjau dari indikator pemahaman program dengan rata-rata persentase sebesar 86% dengan kategori sangat baik. kemudian bila ditinjau dari segi indikator tepat sasaran, asesmen formatif telah diterapkan dengan baik meskipun masih terdapat perbedaan kemampuan memahami materi pada setiap peserta didik. Apabila ditinjau melalui indikator tepat waktu, penelitian ini mendapatkan persentase rata-rata sebesar 93,17% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya bila ditinjau melalui indikator tercapainya tujuan, asesmen formatif sudah diterapkan dengan baik, dimana guru memvariasikan bentuk penerapan Asesmen Formatif saat kegiatan pembelajaran biologi. Penelitian ini bila ditinjau melalui indikator perubahan nyata, didapatkan nilai dengan rata-rata persentase sebesar 90,6% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan asesmen formatif sudah memenuhi definisi efektivitas ditinjau dari kelima indikator terkait. Hal-hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adanya kesadaran diri pada peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar mandiri ketimbang menunggu penjelasan materi biologi dari guru agar dapat mereka dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aseptianova, Rozario Ajazqi Casanobe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.