Integrasi Nilai-Nilai Humanis Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam Multikultural

Authors

  • Rahmi Hayati IAIN Palangka Raya
  • Normuslim IAIN Palangka Raya
  • Muslimah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i5.32203

Keywords:

Kepemimpinan Pendidikan Islam, Nilai Humanis, Multikultural, Empati, Inklusivitas, Transformasi Pendidikan

Abstract

Kepemimpinan pendidikan Islam pada era multikultural menuntut adanya transformasi yang tidak hanya bersifat struktural, tetapi juga nilai. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum terintegrasinya nilai-nilai humanis secara sistematis dalam praktik kepemimpinan pendidikan Islam, terutama dalam konteks masyarakat yang beragam secara budaya dan keyakinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep, landasan, serta strategi implementatif nilai-nilai humanis dalam kepemimpinan pendidikan Islam multikultural. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research) dan analisis hermeneutik terhadap teks keislaman serta referensi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti empati, rahmah, keadilan, dan partisipasi merupakan bagian integral dari kepemimpinan Islam, dan ketika dipadukan dengan pendekatan multikultural, dapat memperkuat iklim pendidikan yang inklusif dan adil. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pembaruan kurikulum kepemimpinan, penguatan budaya sekolah inklusif, dan peningkatan literasi multikultural di kalangan pemimpin pendidikan. Integrasi nilai-nilai humanis merupakan kunci untuk menjawab tantangan pendidikan Islam di era pluralisme dan globalisasi.

References

Amin, M., & Muttaqin, I. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Ideal di Era Digital. Arfannur, 3(1). https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i1.625

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Kencana Prenada Media Grup.

Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2010). Multicultural education: Issues and perspective. Wiley.

Dahlan, Z. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Sketsa Pesantren. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–13.

Fadilah, L., & Hamami, T. (2021). Kepemimpinan Trasformasional dalam Pendidikan Islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1381

IAI Sunan Giri Ponorogo, S. S., & Azizah, S. M. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Mikraj : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN: 2745-4584), 1(2). https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.763

Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Darussalam Publishing.

Ifnaldi, D. S., & Hadijaya, Y. (2025). Kepemimpinan dalam pendidikan multikultural. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 8(1).

Jhuji, Wawan, W., Eneng, M., & Nana, S. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2).

Jones, A. (2017). The role of humanistic values in education. Journal of Humanistic Psychology, 59, 59–70.

Khozin, K., & Umiarso, U. (2019). The philosophy and methodology of Islam-science integration: Unravelling the transformation of Indonesian Islamic higher institutions. Ulumuna, 23(1), 135–162.

Khunaifi, A. Y. (2024). Strategi pengembangan kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. SALIMIYA, 5.

Leuwol, N. V., Gaspersz, S., Tupamahu, M. S., & Wonmaly, W. (2023). Karakteristik Kepemimpinan Ideal di Era Generasi Milenial. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1144

Mauludah, A. Z., Ma’sum, T., & Iswanto, J. (2023). Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2594

Muhammad, Y. (2021). Konsep Dasar Karakteristik Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2).

Mulyasana, H. D. (2020). Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Wacana Lokal hingga Tatanan Global. Cendekia Press.

Munir, M., & Luluk, N. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Islam. Cermin : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(1).

Nasith, A. (2021). Membumikan Paradigma Sosial Humanis dalam Pendidika Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 10(No 2).

Nuh, M. (2023). Reformulasi Kepemimpinan Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(1). https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i1.10150

Pratama, A., & A, M. M. M. (2020). Kepemimpinan Spiritual : Krisis Kepemimpinan Pendidikan Islam Di Era Modern. Jurnal Al Yasini, 5(36).

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Hayati, R., Normuslim, & Muslimah. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Humanis Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam Multikultural. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(5), 1457–1465. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i5.32203