Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Santri dan Santriwati Remaja di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Negara

Authors

  • Aulia Rahmah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Meti Agustini Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Darmayanti Darmayanti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Mardha Raya Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i9.1012

Keywords:

Dukungan Sosial, Kepribadian, Lingkungan, Remaja, Stres, Stres Akademik

Abstract

Latar Belakang: Remaja merupakan masa peralihan dari anak ke dewasa yang memerlukan perhatian khusus untuk pencarian identitas diri, eksplorasi, dan eksperimentasi berbagai peran sosialnya. Masa remaja merupakan salah satu masa yang rentan terhadap kejadian stres. Stres merupakan perasaan ketidaksesuaian individu ketika berinteraksi dengan lingkungannya baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. Kondisi stres ini juga bisa dirasakan oleh remaja yang menempuh pendidikan di Pondok Pesantren atau yang disebut dengan santri. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya stres baik itu faktor internal maupun eksternal.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan tingkat stres pada santri dan santriwati remaja di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Negara.

Metode: Rancangan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian analitik menggunakan desain cross sectional. Sampel pada  penelitian ini adalah santri dan santriwati remaja yang berusia 15-20 tahun berjumlah 218 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah dimodifikasi dan dianalisis menggunakan spearman rank.

Hasil: Penelitian ini diperoleh nilai p-value pada masing-masing variabel adalah <0,05 dengan kesimpulan faktor yang berhubungan dengan tingkat stres adalah kepribadian, stres akademik, lingkungan, dan support system.

Kesimpulan: Faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pada santri dan santriwati perlu menjadi perhatian khusus bagi pihak pengelola Pondok Pesantren ke depannya.

References

Adhada, I., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Konselp Diri dan Dukungan Sosial delngan Kelmatangan Karir Pada Mahasiswa Yang Melngikuti Kelgiatan Voluntelelr di Komunitas Invelstor Anak Muda. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, 5(74), 63–68.

Alini, & Melisyalla, L. N. (2022). Gambaran Kelselhatan Melntal Relmaja SMPN Bangkinang Kota Kabupateln Kampar. Jurnal Nelrs, 6(23), 80–85.

Ananda, S. S. D., & Apsari, N. C. (2020). Melngatasi Strelss Pada Relmaja Saat Pandelmi Covid-19 delngan Telknik Sellf Talk. Prosiding Pelnellitian Dan Pelngabdian Kelpada Masyarakat, 7(2), 248–256.

Anindyajati, P. D. (2013). Status Idelntitas Relmaja Akhir: Hubungannya delngan Gaya Pelngasuhan Orang Tua dan Tingkat Kelnakalan Relmaja. Charactelr, 01(02), 1–6.

Barselli, M., Ifdil, & Nikmarijal, N. (2017). Konselp Strels Akadelmik Siswa. Jurnal Konselling Dan Pelndidikan, 5(3), 143–148.

Bau, N. A., Kadir, L., & Abudi, R. (2022). Hubungan Tingkat Strels Relmaja delngan Kelmampuan Belradaptasi Di Asrama Pondok Pelsantreln Sabrun Jamil. Jambura Journal of Elpidelmiology, 1(1), 29–37.

Ell-Azis, K. M. (2017). Faktor-Faktor Yang Melmpelngaruhi Strels Relmaja Pada Tahun Pelrtama Di Pondok Pelsantreln Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Jurnal Kelpelrawatan, 1(1), 1–8.

Fajarsari, D., Purwanti, S., & Suryandari, A. El. (2023). Hubungan Lingkungan dan Aktivitas Akadelmik delngan Tingkat Strels Pada Relmaja. Elnsiklopeldia of Journal, 5(2), 230–235.

Fitrananda, S. M., & Naimah, T. (2022). Kelpribadian Hardinelss dan Dukungan Sosial selbagai Faktor Deltelrminan Optimismel Mahasiswa Pelnyintas COVID-19. Psikoislameldia, 7(2), 1–14.

Hamzah, B., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Belrhubungan delngan Tingkat STrels Akadelmik Pada Mahasiswa Stikels Graha Meldika. Indonelsian Journal for Helalth Scielncels, 4(2), 59–67.

Hanafi, I. (2018). Pelrkelmbangan Manusia dalam Tinjauan Psikologi dan Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pelndidikan Islam, 1(01), 84–99.

Harini, V. R. P. (2020). Gambaran Tingkat Strels Pada Anak Usia Relmaja Sellama Melnjalani Pelmbellajaran Daring di Telngah Pandelmi COVID-19 di Kellurahan Patrang Kelcamatan Patrang.

Hasfrelntia, Y. D. (2016). Hubungan Antara Sellf-Elfficacy delngan Strels Akadelmik Pada Pellajar SMAN 1 Tuntang.

Hidayah, R., Trisnayanti, A., & Rachmawati, S. D. (2020). Hubungan Antara Tipel Kelpribadian delngan Tingkat Strels Pada Mahasiswa Profelsi Nelrs. Jurnal Kelselhatan Melselncelphalon, 6(2), 124–131.

Hidayati, L. N., & Harsono, M. (2021). Tinjauan Litelratur Melngelnai Strels dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Manajelmeln, 18(1), 20–30.

Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). Hubungan Tingkat Kelcanduan Gadgelt delngan Gangguan Elmosi dan Pelrilaku Relmaja Kellas 8. 10(1), 30–40.

Khasanah, S. M. R., & Mamnuah. (2021). Tingkat Strels Belrhubungan delngan Pelncapaian Tugas Pelrkelmbangan Pada Relmaja. Jurnal Ilmu Kelpelrawatan Jiwa, 4(1), 107–116.

Liandari, F. M. (2022). Hubungan antara Intelraksi Telman Selbaya delngan Strels pada Santri Relmaja di Pondok Pelsantreln Darul Qurán Wal Irsyad Wonosari. Univelrsitas Selbellas Marelt.

Maulana, Z., Safitri, A., & Pamungkas, A. (2022). Tingkat Strels Pada Santri Baru Raudhatul Jannah Palangka Raya. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Belrbelda, Belrmakna, Mulia, 8(3), 211–216.

Munawaroh. (2018). Hubungan Antara Relligiusitas dan Tingkat Strelss Telrhadap Stratelgi Coping Pada Santi Pondok Pelsantreln. Naskah Publikasi.

Nasrani, L., & Purnamawati, S. (2015). Pelrbeldaan Tingkat Strels Antara Laki-Laki dan Pelrelmpuan Pada Pelselrta Yoga di Kota Delnpasar. Jurnal Meldika Udayana, 4(12), 1–12.

Nurhaelni, A., Marisa, D. El., & Oktiany, T. (2022). Pelningkatan Pelngeltahuan Telntang Gangguan Kelselhatan Melntal Pada Relmaja. JAPRI (Jurnal Pelngabdian Risel Indonelsia), 1(1), 29–34.

Priyoto, P. (2019). Konselp Manajelmeln Strels. Nuha Meldika.

Purwati, M., & Rahmandani, A. (2018). Hubungan Antara Kellelkatan Pada Telman Selbaya delngan Strels Akadelmik Pada Mahasiswa Telknik Pelrelncanaan Wilayah dan Kota Univelrsitas Diponelgoro Selmarang. Jurnal Elmpati, 7(2), 28–39.

Puspitaningrum, M. T. D. (2018). Hubungan Antara Disiplin dan Tuntutan Orang Tua delngan Tingkat Strels Akadelmik Siswa Kellas XI 1 Karanganyar. Univelrsitas Selbellas Marelt.

Putri, T. H., & Azalia, D. H. (2022). Faktor Yang Melmelngaruhi Strels Pada Relmaja Sellama Pandelmi COVID-19. Jurnal Kelpelrawatan Jiwa (JIK), 10(2), 285–296.

Putro, K. Z. (2017). Melmahami Ciri dan Tugas Pelrkelmbangan Masa Relmaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32.

Rosalina, T. M. (2023). Kajian Pelrancangan Helaling Elnviromelnt delngan Pelndelkatan Virtual Intelrior Fractal Untuk Melngurangi Tingkat Strels Akibat Meldia Sosial. Univelrsitas Atma Jaya Yogyakarta.

Shinta, L., Muslihin, H. Y., & Ellan. (2020). Keltelrampilan sikap tolelransi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Agapeldia, 4(2), 337–345.

Silfiana, A. (2022). Hubungan Kelcanduan Gamel Onlinel Delngan Tingkat Strels Pada Relmaja. Jurnal Kelselhatan Luwu Raya, 8(2), 70–74.

Sudharta, V. A., Bafadal, I., & Sultoni. (2018). Kelpribadian Yang Baik Untuk Kelelfelktifan Kelpelmimpinan Kelpala Selkolah. Jurnal Administrasi Dan Manajelmeln Pelndidikan, 1(4), 440–447.

Sukadiyanto. (2019). Strelss dan Cara Melngatasinya. Cakrawala Pelndidikan, 29(1), 55–66.

Suteljo, S. (2018). Kelpelrawatan Jiwa: Konselp dan Praktik Asuhan Kelpelrawatan Kelselhatan Jiwa: Gangguan Jiwa dan Psikososial. Yogyakarta: Pustaka Baru Prelss.

UNICElF. (2021). Profil Relmaja 2021. Unicelf.

Wilujelng, C. S., Habibiel, I. Y., & Indiah, A. D. (2023). Hubungan Antara Jelnis Kellamin delngan Katelgori Strels Pada Relmaja di SMP Brawijaya Smart School. 3(1), 6–11.

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Rahmah, A., Agustini, M., Darmayanti, D., & Raya, M. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Santri dan Santriwati Remaja di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Negara. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(9), 967–982. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i9.1012