Pengaruh Kompetensi, Kedisiplinan dan Lingkungan Terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Guru Tetap Perwakilan Surabaya 2 Yayasan Yohannes Gabriel, Keuskupan Surabaya

Authors

  • Dominicus M. Rudi S Universitas Sanata Dharma
  • H. Herry Maridjo Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i9.1015

Keywords:

kompetensi, kedisiplinan, lingkungan kerja, kinerja guru, komitmen organisasional

Abstract

Latar Belakang: Dalam organisasi pendidikan yang bersifat nonprofit, pengelolaan SDM  sangat diperlukan untuk pencapaian tujuan organisasi yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berkaitan dengan hal itu, guru menjadi ujung tombak pelaku pendidikan di sekolah. Guru juga dituntut dapat memberikan kinerja terbaiknya untuk kepentingan generasi muda di masa kini dan masa yang akan datang.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung kompetensi terhadap kinerja guru, pengaruh secara langsung kedisiplinan terhadap kinerja guru, pengaruh secara langsung lingkungan terhadap kinerja guru, pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh komitmen organisasional, pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh komitmen organisasional, pengaruh lingkungan terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh komitmen organisasional.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada seluruh guru tetap Perwakilan Surabaya 2 Yayasan Yohannes Gabriel. Jumlah responden dalam penelitian ini  99 orang. Teknik analisis data menggunakan PLS dengan software smart PLS.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan Kompetensi secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kedisiplinan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Lingkungan secara langsung berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru. Kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian oleh komitmen organisasional. Kedisiplinan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian oleh komitmen organisasional..Lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian oleh komitmen organisasional.

Kesimpulan: Kompetensi secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru, Kedisiplinan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Lingkungan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru.  Kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian (partial mediation) oleh komitmen organisasional. Kedisiplinan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian (partial mediation) oleh komitmen organisasional. Lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian (partial mediation) oleh komitmen organisasional.

References

Abdullah. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kin Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdullah, Djoko Soelistiya & Tri Cicik Wijayanti. 2022. The Importance of Organizational Commitment as a Mediation in Improving the Performance of Specialist Doctors: The Effect of Transformational Leadership and Work Discipline. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). (5)1. 5214-5229

Agustang, Putri Ramadhani Andi Suci. 2017. Faktor Lingkungan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Urip Sumoharjo di Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Barnawi & Mohammad Arifin. 2014. Instrumen Pembinaan, Peningkatan & Penilaian Kin Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Bonita, Artha Devi, Armanu & Tri Desi Kurniawati. 2021. The Influence of Competence and Work Discipline on Teacher Performance with Commitment as a Mediating Variable During the Pandemic. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 60 (4). 317-330

Bukit, Benjamin, Malusa Tasman & Abdul Rahmat. 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publising.

Dessler, Gary. 2020. Human Resource Management. Edition 16 th. USA: Pearson Education.

Dhermawan, Anak Agung Ngurah Bagus, I Gede Adnyana Sudibya & I Wayan Mudiartha Utama. 2012. “Pengaruh Motivasi, Ling Kerja, Komp , dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kin Pegawai di Ling Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali”. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6 (2). 173-184.

Erawati, Ayu & Wahyono. 2019. “Peran Komit Dalam Memediasi Pengaruh Kedisiplinaniplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Self Efficacy Terhadap Kin Pegawai.“ Economic Education Analysis Journal 8 (1).

Farida, Umi & Sri Hartono. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II, Ponorogo: Umpo.

Ghozali, Imam & Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Raushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana & Nur Hikmatul Auliya. 2020. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Haryono, Siswoyo& Parwoto Wardoyo. 2012. “Structural Equation Modeling” Untuk Penelitian Manajemen menggunakan AMOS 18.00. PT. Intermedia Personalia Utama.

Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia EKedisiplinani Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermanto, Yustinus Budi. 2013. Komp dan Kin Guru. Yogyakarta: Kanisius.

Khanifah, Siti, & Palupiningdyah. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Budaya Organisasional Pada Kin Dengan Komit ”. Management Analysis Journal.4(3). 200-211

Lahamuddin, Nurhasanah Fajriani. 2019 Pengaruh Komp , Motivasi Dan disTerhadap Kin Guru Pada MTSN 1 Kota Makassar. Program Pascasarjana STIE Nobel Indonesia

Latif, Yanti Asmah, Patwayati, Aidin Hudani Awasinombu, Yusuf Montundu &Farhan Ramadhani Istianandar. 2021. “Pengaruh Kedisiplinaniplin Kerja, LingDan Komp Pegawai Terhadap Kin Yang Dimediasi Oleh Komit Pada Pegawai KPU Provinsi Sulawesi Tenggara”. Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi, 5(3),455-474.

Lembaran Negara Republik Indonesia. Undang- Undang Republik Indonesia. No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online). / peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2003/uu20-2003.pdf. (Diakses pada 6 Desember 2022).

Louhenapessy, Eric Leon. 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Budaya Organisasional Terhadap Kin Dengan KomitSebagai Mediasi Pada Pegawai Tetap Non Edukatif Di Yayasan Yohannes Gabriel.Universitas Widya Mandala Surabaya.

Lukertina, Ignatius Prasetya Aji Wibowo, Nunu Nurjaya & Resti Hardini. 2019. “Does Foundation Workers Also Need Good Performance?” IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). 21 (12) (1), 41-45.

Machali, Imam & Hidayat Ara. 2016. Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia. The Handbook Of Education Management. Jakarta: Prenadamedia grup.

Mangkunegara, Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2017. Uji Komp dan Penilaian Kin Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningsih, Prapti. 2019. Pengaruh Komitmen, Komp , Dan LingTerhadap Kin Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Pada SMA Negeri 1 Pasangkayu Dan MA Ddi Pasangkayu). Jurnal Katalogis. 4 (11). 127-137.

Nurkholifa, Nadiya & Budiono. (2022). Peran Mediasi Komit Pada Pengaruh LingTerhadap Kin Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 10 Nomor 1 .Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Oktiyanti, Rina & Kaman. 2016. “Analisis Pengaruh Kompensasi dan LingTerhadap Kin Guru di SMA N 1 Klaten”. Jurnal Ecodemica. 4(2). 137-145.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.(Online).Pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan nasional.pdf. (Diakses 6 Desember 2022).

Purba, Charles Bohren, Rafiani & Hapzi Ali. 2018. The Influence of Competency, Organizational Commitment and Non Financial Compensation on Teacher Performance in SMAN 29 Jakarta. Scholars Journal of Economics, Business and Management (SJEBM). 5(3): 226-239.

Purwani, Kun, Endah Winarti & Mochamad Taufiq 2022. Komit Memediasi Pengaruh Komp Pedagogik dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kin Guru pada SMP Negeri di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. 29(52): 56-69.

Pradana, Mahir & Avian Reventiary. 2016. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade”. Jurnal Manajemen. 6 (1), 1-10.

Samsuddin 2018. Kin Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pusataka.

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan. Manajemen Pegawai Negeri Sipil. EKedisiplinani Revisi. Bandung: Refika Aditama.

Sekaran, Uma & Roger Bougie. 2016. Research Methods For Business: a Skill-Building Approach. United Kingdom: Chichester, West Sussex.

Setiaman, Sobur. 2020. “Tutorial Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software Smart-PLS Versi 3 Untuk Tenaga Kesehatan”. Sumedang : Yayasan Bakti Mulia.

Shammout, Mohamad. 2021. “The Impact of Work Environment On Employees Performance”. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science. 03 (11). 78-101

Sholihin, Mahmud & Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis.Yogyakarta: Andi Offset

Sinambela, Poltak Lijan. 2012. Kin Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinambela, Poltak Lijan. 2019. Manajemen Kin. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Sudiarja. 2014. Pendidikan dalam Tantangan Zaman. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung :Alfabeta.

Sulistiadi, Andi, Otto Berman Sihite, Virzha Utama Alamsyah. 2019. The Effect of Kedisiplinancipline, Organizational Commitment And Work Environment To Gain Teacher Performance in PAUD. Manajemen Bisnis. 01 (9). 135-143.

Supardi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2015. Teori Kin dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Undang-Undang RI. 2005 (14). Tentang Guru dan Dosen. (Online). uk.staff.ugm.ac.id/ atur/ UU14-2005 GuruDosen.pdf. (Diakses pada 6 Desember 2022).

Wahyudi & Salam Rendi. 2020. Komit Kajian Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan- Banten: Unpam Press.

Wardhana, Aditya. 2021. Pengantar Ilmu Manajemen (Sebuah Pendekatan Konseptual). Editor Hartini. Bandung : CV Media Sains Indonesia.

Wibowo. 2014. Manajemen Kin. Jakara: Rajawali Pers.

Yayasan Yohannes Gabriel Surabaya. 2012. Peraturan Kepegawaian. Surabaya: Pusat Yayasan Yohannes Gabriel.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Rudi S, D. M., & Maridjo, H. H. (2023). Pengaruh Kompetensi, Kedisiplinan dan Lingkungan Terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Guru Tetap Perwakilan Surabaya 2 Yayasan Yohannes Gabriel, Keuskupan Surabaya. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(9), 1001–1014. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i9.1015