Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i10.1048Keywords:
Tipe STAD, Model Pembelajaran , Belajar EkonomiAbstract
Latar Belakang: Proses belajar kompleks dengan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Faktor internal individu berperan penting dalam belajar, dan metode pengajaran guru harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Guru perlu menciptakan suasana pembelajaran dinamis dan memperbarui profesi mereka untuk mencapai tujuan pendidikan.
Tujuan: Penelitian ini fokus pada penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan STAD dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi di sebuah sekolah menengah.
Metode: Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, sehingga pemilihan metode pengajaran harus mempertimbangkan berbagai faktor.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus. Kemampuan guru dalam memilih sumber belajar, mengelola kelas, dan memotivasi siswa berperan penting dalam kesuksesan model ini.
Kesimpulan: Penerapan model pembelajaran ini mencerminkan komitmen guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran
References
Cipta.
Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.
Hadi, A. (2013). Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan pembelajaran edisi 1. Bumi Aksara, Jakarta.
Komara, C., & Fitni, D. (2011). Strategi Belajar Tuntas Di Sekolah Dasar. CV Wahana Iptek. Bandung. Kunandar.
Moedjiono, J. J. (n.d.). Hasibuan, 2012, Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.
Mudjiono, D. (n.d.). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2002. Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.
Sadiman, A. S. (2011). Media Education, Definition, Development, and Utilization. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (1990). Teori-teori belajar untuk pengajaran. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudjana, N. (2021). Dasar dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar (Revisi). Jakarta: Rajawali Press.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo, 82.
Zain, A. (2020). Strategi belajar mengajar.
Zain, A., & Djarmarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Kemampuan Spasial.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Retno Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.