Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon

Authors

  • Retno Widodo Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon SMA Negeri 1 Astanajapura

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i10.1048

Keywords:

Tipe STAD, Model Pembelajaran , Belajar Ekonomi

Abstract

Latar Belakang: Proses belajar kompleks dengan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Faktor internal individu berperan penting dalam belajar, dan metode pengajaran guru harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Guru perlu menciptakan suasana pembelajaran dinamis dan memperbarui profesi mereka untuk mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan: Penelitian ini fokus pada penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan STAD dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi di sebuah sekolah menengah.

 Metode: Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, sehingga pemilihan metode pengajaran harus mempertimbangkan berbagai faktor.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus. Kemampuan guru dalam memilih sumber belajar, mengelola kelas, dan memotivasi siswa berperan penting dalam kesuksesan model ini.

Kesimpulan: Penerapan model pembelajaran ini mencerminkan komitmen guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran

References

Cipta.

Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.

Hadi, A. (2013). Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan pembelajaran edisi 1. Bumi Aksara, Jakarta.

Komara, C., & Fitni, D. (2011). Strategi Belajar Tuntas Di Sekolah Dasar. CV Wahana Iptek. Bandung. Kunandar.

Moedjiono, J. J. (n.d.). Hasibuan, 2012, Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Mudjiono, D. (n.d.). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2002. Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.

Sadiman, A. S. (2011). Media Education, Definition, Development, and Utilization. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (1990). Teori-teori belajar untuk pengajaran. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudjana, N. (2021). Dasar dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar (Revisi). Jakarta: Rajawali Press.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo, 82.

Zain, A. (2020). Strategi belajar mengajar.

Zain, A., & Djarmarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Kemampuan Spasial.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Widodo, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(10), 1094–1102. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i10.1048