Analisa Pengaruh Service Quality, Price Fairness, Word Of Mouth, Norma Subjektif dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Berkunjung Di Unit Rawat Jalan RS “M” Jakarta

Authors

  • Sandra Dewi Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Nurullah Armyta Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Supriyantoro Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i10.1057

Keywords:

Service Quality, Price Fairness, Word of Mouth, Norma Subjektif dan Perceived Behavioral Control

Abstract

Latar Belakang: Keputusan memilih Rumah Sakit sebagai tempat berobat adalah hal yang mempengaruhi tingkat kunjungan pasien yang dimediasi oleh banyak faktor. Pengambilan intensi berkunjung dapat diambil secara hati-hati jika didukung oleh data dan informasi yang relevan yang mendukung pertimbangan terhadap isu yang dihadapi.

Tujuan: Mengetahui pengaruh service quality,price fairness, word of mouth serta norma subjektif dan perceived behavioral control terhadap intensi pasien untuk berkunjung.

Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif cross sectional analisa regresi berganda dengan uji hipotesis . Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert, selanjutnya dianalisis menggunakan three box method.

Hasil: Dari hasil uji parsial koefisien regresi, diketahui bahwa service quality memiliki pengaruh paling tinggi, nilai koefisien regresi β sebesar +0,327. Secara keseluruhan variabel yang diteliti yaitu service quality, price fairness, word of mouth, norma subjektif dan perceived behavioral control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi berkunjung.

Kesimpulan: Penelitian ini telah menggambarkan bila rumah sakit melakukan perbaikan terhadap semua indikator di dalam kualitas layanan akan mempengaruhi intensi berkunjung secara lebih baik.

References

Amarantou, V., Chatzoudes, D., Kechagia, V., & Chatzoglou, P. D. (2019). The impact of service quality on patient satisfaction and revisiting intentions: the case of public emergency departments. Quality Management in Healthcare, 28(4), 200–208.

Bell, E., Bryman, A., & Harley, B. (2022). Business research methods. Oxford university press.

Cakici, A. C., Akgunduz, Y., & Yildirim, O. (2019). The impact of perceived price justice and satisfaction on loyalty: the mediating effect of revisit intention. Tourism Review, 74(3), 443–462.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Greener, S. (2022). An introduction to business research methods. Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall.

Lam, D., & Mizerski, D. (2005). The effects of locus of control on word‐of‐mouth communication. Journal of Marketing Communications, 11(3), 215–228.

Liu, C.-H. S., & Lee, T. (2016). Service quality and price perception of service: Influence on word-of-mouth and revisit intention. Journal of Air Transport Management, 52, 42–54.

Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. (2016). EBOOK: Services Marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw Hill.

Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2010). Business Research Methods, Eight Edition. South Western, USA: Cengage Learning.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Dewi, S., Armyta, N., & Supriyantoro, S. (2023). Analisa Pengaruh Service Quality, Price Fairness, Word Of Mouth, Norma Subjektif dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Berkunjung Di Unit Rawat Jalan RS “M” Jakarta. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(10), 1111–1123. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i10.1057