Analisis Kewajaran Transaksi Afiliasi PT Sepatu Bata TBK Tahun 2019

Authors

  • Ridha Dhanisa Universitas Trisakti, Indonesia
  • Hasnawati Hasnawati Universitas Trisakti Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i11.1066

Keywords:

Transaksi Afiliasi, Transfer pricing, Transactional Net Margin Method, Prinsip Kewajaran, Kelaziman Usaha

Abstract

Latar Belakang: Fokus utama penelitian mencakup analisis terhadap penerapan prinsip kewajaran dan praktik umum (arm’s length principle) pada transaksi pembelian bahan baku dari entitas terafiliasi, pembelian barang jadi dari entitas terafiliasi, dan penjualan barang jadi kepada entitas terafiliasi selama tahun 2019.

Tujuan: Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah melakukan evaluasi transaksi transfer pricing yang terjadi antara PT Sepatu Bata Tbk dan pihak terafiliasi.

Metode: Metode pencarian dan pengolahan data yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Evaluasi dilakukan dengan memeriksa penetapan harga pada transaksi terafiliasi, khususnya dalam pembelian dan penjualan barang.

Hasil: Hasil dari penelitian ini mengukur kewajaran dari transaksi antara PT Sepatu Bata Tbk dan entitas terafiliasi, menggunakan Transactional Net Margin Method (TNMM). Berdasarkan laporan keuangan Tahun Pajak 2019, PT Sepatu Bata Tbk menunjukkan TNMM sebesar 34,91%, yang menempatkan tingkat profitabilitas perusahaan di atas kuartil inter-range. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan PER-32/PJ/2011, transaksi antara PT Sepatu Bata Tbk dan entitas terafiliasi telah mematuhi prinsip kewajaran dan praktik umum (arm’s length principle).

Kesimpulan: Tingkat profitabilitas yang diperoleh menunjukkan kesesuaian transaksi berdasarkan panduan yang ditetapkan, menunjukkan bahwa transaksi antara perusahaan dan entitas terafiliasi telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

References

Amanda, N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Kebijakan Perdagangan Internasional. Journal Economy And Currency Study (JECS), 4(1), 14–23.

Bashir, M. S. (2013). Analysis of customer satisfaction with the Islamic banking sector: case of Brunei Darussalam. Asian Journal of Business and Management Sciences, 2(10), 38–50.

Didu, S. (2017). Pengaruh Utang Luar Negeri Dan Penanaman Modal asing (PMA) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Qu, 7(2).

Herawaty, V., & Anne, A. (2019). Pengaruh tarif pajak penghasilan, mekanisme bonus, dan tunneling incentives terhadap pergeseran laba dalam melakukan transfer pricing dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 4(2), 141–156.

Malik, N. (2017). Ekonomi Internasional. UMMPress.

Maulana, A. (2018). Analisis pendapatan dan beban operasional dalam meningkatkan laba operasional pada pt. Kharisma pemasaran bersama nusantara (pt. Kpb nusantara). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.

Nurhayati, I. D. (2013). Evaluasi atas perlakuan perpajakan terhadap transaksi transfer pricing pada perusahaan multinasional di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(1).

Nurrahman, R., Abdillah, F., Sn, S., & Ds, M. (2021). Perancangan kampanye Sosial untuk Mendukung Produk Sneakers Indonesia. Romadlon Nurrahman: 146010087. Desain Komunikasi Visual.

Pohan, C. A. (2019). Pedoman Lengkap Pajak Internasional Ed. Revisi. Gramedia Pustaka Utama.

Said, L. R. (2022). Pemasaran Internasional. Cendikia Mulia Mandiri.

Saraswati, G., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh pajak, mekanisme bonus, dan tunneling incentive pada indikasi melakukan transfer pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1000–1029.

Sitompul, Y. G., & Departemen, K. (2012). Kewenangan Penyidik Dalam Tindak Pidana Pencucian Uang Yang Dikaitkan Dengan Rahasia Bank. Skripsi Universitas Sumatera Utara Medan.

Utari, W., Iswoyo, A., Chamariyah, C., Waras, W., Mardianah, F., Rusdiyanto, R., & Hidayat, W. (2021). Effect of work training, competency and job satisfaction on employee productivity: A case study Indonesia. Review of International Geographical Education Online (RIGEO), 11(4), 696–711.

Widianti, F. D. (2022). Dampak Globalisasi Di Negara Indonesia. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 73–95.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Dhanisa, R., & Hasnawati, H. (2023). Analisis Kewajaran Transaksi Afiliasi PT Sepatu Bata TBK Tahun 2019. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(11), 1151–1160. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i11.1066