Pengaruh Peer Education Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kebersihan Diri Saat Menstruasi

Authors

  • Ety Nurhayati Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Qorine Husnul Qothimah Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i11.1076

Keywords:

Kebersihan Diri, Peer Education, Remaja

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan data World Health organization mengatakan bahwa angka kejadian infeksi saluran reproduksi (ISR) paling tinggi di dunia yaitu pada usia remaja (35%-42%) dan dewasa muda (27%-33%). Perilaku hygiene merupakan tema penting yang perlu ditelaah secara mendalam.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi pengaruh peer education terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku remaja tentang pentingnya kesehatan reproduksi.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian Quasi Experiment with One Group Pre-post Design. Sampel penelitian diambil dari jumlah populasi yaitu 25 orang remaja putri di Dusun Wonoasri dengan menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan observasi nonpartisipan terstruktur.

Hasil: Hasil penelitian ini adalah Adanya Pengaruh dengan diberikan Peer Education terhdap tingkat pengetahuan remaja tentang kebersihan diri saat menstruasi.

Kesimpulan: Diketahui dari hasil kuesioner yang diberikan sebelum intervensi dan setelah intervensi yang dilakukan dengan p-value (0.000).

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Nurhayati, E., & Husnul Qothimah, Q. . (2023). Pengaruh Peer Education Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kebersihan Diri Saat Menstruasi. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(11), 1208–1218. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i11.1076