Pengaruh Peer Education Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kebersihan Diri Saat Menstruasi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i11.1076Keywords:
Kebersihan Diri, Peer Education, RemajaAbstract
Latar Belakang: Berdasarkan data World Health organization mengatakan bahwa angka kejadian infeksi saluran reproduksi (ISR) paling tinggi di dunia yaitu pada usia remaja (35%-42%) dan dewasa muda (27%-33%). Perilaku hygiene merupakan tema penting yang perlu ditelaah secara mendalam.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi pengaruh peer education terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku remaja tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian Quasi Experiment with One Group Pre-post Design. Sampel penelitian diambil dari jumlah populasi yaitu 25 orang remaja putri di Dusun Wonoasri dengan menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan observasi nonpartisipan terstruktur.
Hasil: Hasil penelitian ini adalah Adanya Pengaruh dengan diberikan Peer Education terhdap tingkat pengetahuan remaja tentang kebersihan diri saat menstruasi.
Kesimpulan: Diketahui dari hasil kuesioner yang diberikan sebelum intervensi dan setelah intervensi yang dilakukan dengan p-value (0.000).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ety Nurhayati, Qorine Husnul Qothimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.