Peran Etika di Era Revolusi 4.0 Dalam Bidang Pendidikan

Authors

  • Eric Leon Louhenapessy Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.110

Keywords:

Revolusi 4.0, Globalisasi, Etika, Pendidikan

Abstract

Revolusi 4.0 yang merupakan bagian dari globalisasi yang tentu memiliki dampak signifikan pada semua sektor, termasuk sektor Pendidikan. Revolusi 4.0 identik dengan adanya suatu perubahan akibat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Perubahan tersebut menjadi dorongan dan tuntutan bagi sektor Pendidikan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten untuk dapat menghadapi dan mengadaptasi perubahan tersebut. Dampak perubahan yang terjadi akibat revolusi 4.0 dalam globalisasi adalah terkikisnya budaya tradisional yang menghilangkan kekhasan dalam suatu negara termasuk Indonesia. Jadi, globalisasi dalam dunia Pendidikan adalah proses mengintegrasikan secara keseluruhan perubahan. Tujuan penelitian ini adalah mewujudkan masyarakat yang didasarkan pada knowledge based society. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mekanisme pengumpulan data melalui pengamatan dan studi literatur. Hasil Studi ini menemukan bahwa peran etika diperlukan sebagai nilai-nilai kehidupan yang menjadi pedoman dalam membentuk padangan hidup masyarakat yang dapat mengarahkannya menjadi bangsa yang bermartabat. Kesiapan mental dan karakter bangsa yang kritis diharapkan dapat memberikan output yang cerdas bagi perkembangan suatu Pendidikan di Negara yang sedang berkembang.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Louhenapessy, E. L. (2021). Peran Etika di Era Revolusi 4.0 Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 552–561. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.110