program Pe Analisis Implementasi Program Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Desa Talunombo Kec. Sapuran Kab. Wonosobo )

Authors

  • Mohammad Ulil Absor Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i3.1180

Keywords:

Sampah, Implementasi, Talunombo, Efektivitas, Kendala

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini membahas tentang Analisis Implementasi Program Pengelolaan Sampah Studi Kasus di Desa Talunombo Kec. Sapuran Kab. Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teori Purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Dalam analisis kebijakan menggunakan teori Thomas R Dye. Implementasi menggunakan Peraturan Pemerintah Kabupaten Wonosobo Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Sampah. Program pengelolaan sampah berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Indikator efektivitas menggunakan teori Makmur 2011. Kendalan yang di temukan berdasarkan wawancara di lapangan. Hasil penelitian, bahwa Efektivitas Pengelolaan Sampah di Desa Talunombo cukup berjalan secara efektif. Kendala yang di dapatkan peneliti Belum semua warga mengikuti program pengelolaan sampah, Pembiayaan operasional, Manajemen yang masih kurang sempurna, Sulitnya mendapatkan bahan bakar plastik, Masyarakat belum memilah sampah dengan maksimal.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana efektivitas program pengelolaan sampah dalam konteks implementasinya pengelolaan sampah di desa Talunombo. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program pengelolaan sampah dan berusaha memberikan solusi terbaik dalam kendala tersebut

Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan data hasil pencarian pustaka atau wawancara lisan dengan narasumber.  Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) atau observasi lapangan.

Hasil: Program pengelolaan sampah di desa talunombo sudah sesuai dengan teori Thomas R Dye dalam buku Meutia, 2017 yang berjudul Analisis Kebijakan Publik. karena sudah memuat poin-poin proses pembentukan, substansi dan dampak dari kebijakan-kebijakan tertentu, siapa aktor-aktor yang terlibat dalam perumusan kebijakan, serta apa dampak dari kebijakan tersebut.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Efektivitas Pengelolaan Sampah di Desa Talunombo cukup berjalan secara efektif. Kendala yang di dapatkan peneliti Belum semua warga mengikuti program pengelolaan sampah, Pembiayaan operasional, Manajemen yang masih kurang sempurna, Sulitnya mendapatkan bahan bakar plastik, Masyarakat belum memilah sampah dengan maksimal.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ulil Absor, M. . (2024). program Pe Analisis Implementasi Program Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Desa Talunombo Kec. Sapuran Kab. Wonosobo ). Jurnal Sosial Dan Sains, 4(3), 281–295. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i3.1180