Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Sindangkasih
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i6.119Keywords:
Kecepatan Efektif Membaca, Metode KlosAbstract
Peneletian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diharapkan dapat meningkatkan Kecepataan Efektif Membaca (KEM) dengan memakai metode Klos bagi siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Sindangkasih, dengan jumlah 40 siswa. Pelaksanan latihan dilakukan dalam tiga siklus. Sebelum siklus satu dijalankan maka perlu dilakukan pratindakan, yaitu identifikasi spesifik dari Metode Klos dan Kecepataan Efektif Membaca (KEM), selanjutnya dilakukan siklus satu sebagai penggunaan Metode Klos, siklus berikutnya siklus kedua adalah pelaksanaan Metode Klos, dan siklus ketiga adalah tahap pemantapaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Kecepatan Efektif Membaca dengan menggunakan Metode Klos pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Sindangkasih. Tehnik analisis data menggunakan analisis kualitatif, yang digunakan untuk data kualitatif yang diperoleh dari persepsi siswa dan pendidik selama pembelajaran dikelas, dan analisis kuantitatif digunakan pada hasil tes kecepataan efektif membaca (KEM) siswa dengan menggunakan Metode Klos. Hasil dari penelitian pada siklus satu tingkat pemahaman membacanya masih rendah, karena kecepatan efektif membaca yang kuat adalah rata-rta 87 kpm dengan derajat independent 18%, tingkat instruksi 38% dan 44% pada frustasi. Pada siklus kedua mengalami perubahan positif, khususnya Kecepatan Efektif Membaca yang menarik dari rata-rata 150 kpm dengan tingkat independent 78%, tingkat intrusksi 18%, dan 4% tingkat frustasi. Pada hasil siklus ketiga mengalami pemantapan yaitu Kecepaatan Efektif Membaca (KEM) sebesar 210 KPM dengan derajat independent 100%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil analisis data mendapatkan aktifitas pembelajaran membaca cepat dengan Metode Klos dapat meningkatkan Kecepataan Efektif Membaca (KEM) siswa. Jadi dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa untuk membaca dengan cepat menggunakan Metode Klos telah meningkat secara signifikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ating Ating
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.