Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Sindangkasih

Authors

  • Ating Ating SMA Negeri 1 Sindangkasih

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i6.119

Keywords:

Kecepatan Efektif Membaca, Metode Klos

Abstract

Peneletian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diharapkan dapat meningkatkan Kecepataan Efektif Membaca (KEM) dengan memakai metode Klos bagi siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Sindangkasih, dengan jumlah 40 siswa. Pelaksanan latihan dilakukan dalam tiga siklus. Sebelum siklus satu dijalankan maka perlu dilakukan pratindakan, yaitu identifikasi spesifik dari Metode Klos dan Kecepataan Efektif Membaca (KEM), selanjutnya dilakukan siklus satu sebagai penggunaan Metode Klos, siklus berikutnya siklus kedua adalah pelaksanaan Metode Klos, dan siklus ketiga adalah tahap pemantapaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Kecepatan Efektif Membaca dengan menggunakan Metode Klos pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Sindangkasih. Tehnik analisis data menggunakan analisis kualitatif, yang digunakan untuk data kualitatif yang diperoleh dari persepsi siswa dan pendidik selama pembelajaran dikelas, dan analisis kuantitatif digunakan pada hasil tes kecepataan efektif membaca (KEM) siswa dengan menggunakan Metode Klos. Hasil dari penelitian pada siklus satu tingkat pemahaman membacanya masih rendah, karena kecepatan efektif membaca yang kuat adalah rata-rta 87 kpm dengan derajat independent 18%, tingkat instruksi 38% dan 44% pada frustasi. Pada siklus kedua mengalami perubahan positif, khususnya Kecepatan Efektif Membaca yang menarik dari rata-rata 150 kpm dengan tingkat independent 78%, tingkat intrusksi 18%, dan 4% tingkat frustasi. Pada hasil siklus ketiga mengalami pemantapan yaitu Kecepaatan Efektif Membaca (KEM) sebesar 210 KPM dengan derajat independent 100%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil analisis data mendapatkan aktifitas pembelajaran membaca cepat dengan Metode Klos dapat meningkatkan Kecepataan Efektif Membaca (KEM) siswa. Jadi dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa untuk membaca dengan cepat menggunakan Metode Klos telah meningkat secara signifikan.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Ating, A. (2021). Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Sindangkasih. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(6), 438–448. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i6.119