Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan dalam Menciptakan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Berbelanja di Market Place
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i1.1224Keywords:
Digital Maketing, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumenAbstract
Latar Belakang : Dengan adanya Digital Marketing diharapkan dapat mendorong perusahaan atau Marketplace dalam mempromosikan usahanya baik dalam segi jasa yang memberikan wadah kepada seller untuk membuat toko secara online dan juga kemudahan yang akan diperoleh konsumen ketika berbelanja di Marketplace tersebut.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas pelayanan dalam menciptakan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen.
Metode: Jenis penelitiaan ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan penelitian ini menggunakan kuesioner atau memberi beberapa lembar pernyataan untuk mengumpulkan data responden dengan jumlah responden sebanyak 150 orang.
Hasil:, Digital marketing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, Digital marketing melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan Digital marketing dan kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja di Market Place.
Kesimpulan: kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Digital marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Dwi Ardiansyah Putra, Suhendar Sulaeman, Nasrullah Nasrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.