Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan dalam Menciptakan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Berbelanja di Market Place

Authors

  • Mohammad Dwi Ardiansyah Putra Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Suhendar Sulaeman Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Nasrullah Nasrullah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i1.1224

Keywords:

Digital Maketing, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Abstract

Latar Belakang :  Dengan adanya Digital Marketing diharapkan dapat mendorong perusahaan atau Marketplace dalam mempromosikan usahanya baik dalam segi jasa yang memberikan wadah kepada seller untuk membuat toko secara online dan juga kemudahan yang akan diperoleh konsumen ketika berbelanja di Marketplace tersebut.

Tujuan:  Penelitian   bertujuan   untuk   mengetahui   pengaruh   digital   marketing,   kualitas  pelayanan dalam menciptakan kepuasan konsumen terhadap   loyalitas   konsumen.

Metode: Jenis   penelitiaan   ini   menggunakan   penelitian kuantitatif. Data   yang   dikumpulkan   penelitian   ini   menggunakan   kuesioner   atau   memberi beberapa  lembar  pernyataan  untuk  mengumpulkan  data  responden  dengan  jumlah  responden sebanyak 150 orang.

Hasil:, Digital marketing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, Digital marketing melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan Digital marketing dan kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja di Market Place.

Kesimpulan: kesimpulan penelitian  ini  menunjukkan bahwa Digital marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Dwi Ardiansyah Putra, M., Sulaeman, S. ., & Nasrullah, N. (2024). Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan dalam Menciptakan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Berbelanja di Market Place. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i1.1224