Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Bermain Game Online pada Pelajar SMP Negeri Alok Maumere

Authors

  • Maria Anggreiny Tmaneak Universitas Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Abdi Keraf Universitas Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Mernon Yerlinda Carlista Mage Universitas Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1298

Keywords:

Konformitas, Perilaku Game Online, Pelajar

Abstract

Latar Belakang: Perilaku game online merupakan perilaku yang terbentuk sebagai hasil dari kegiatan bermain game online melalui jaringan internet. Akibat dari bermain game online bisa mempengaruhi perilaku seseorang, dimana siswa dalam tahap proses belajar, bertumbuh, dan berkembang.

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan antara konformitas (kecenderungan untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma yang ada dalam kelompok sosial) dengan perilaku bermain game online pada pelajar SMP Negeri Alok Maumere.

Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi berjumlah 741 siswa dengan sampel berjumlah 255 siswa yang diambil menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala konformitas teman sebaya dan skala perilaku bermain game online dengan mode skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 23.0 for Windows. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara konformitas dengan perilaku bermain game online dimana nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05, yang artinya terdapat hubungan antara konformitas dengan perilaku bermain game online. Diharapkan untuk mengurangi perilaku bermain game online dalam lingkungan rumah, sekolah, dan sosialnya. Sehingga tidak lupa akan tanggung jawab sebagai siswa terpelajar.

Kesimpulan: Berdasarkan penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan pada pelajar SMP Negeri Alok Maumere, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara konformitas dan perilaku bermain game online.

References

Alfaini, Nurussanatil, & Daulay, Nurussakinah. (2022). The Effect of Self-Efficacy and Well-Being on Smartphone Addiction. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6561–6570.

Alvianti, Vizzy Puspa, & Dwityanto, Achmad. (2022). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Melalui Media Online Pada Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Alviyan, Artha. (2020). Peran kelompok teman sebaya dalam upaya pembentukan moral siswa di Kabupaten Ponorogo. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(2).

Anggraeni, Novilia, Agustiani, Hendriati, Novianti, Langgersari Elsari, & Ninin, Retno Hanggarani. (2021). The Description of Internet Game Online Addiction Among Teenagers. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 10(1), 5–17.

Azmi, Muhammad Bagus, & Rohman, Abdul. (2022). Analisis Permainan Mobile Legends Terhadap Kecerdasan Emosinal di Tinjau Dari Mata Pelajaran Agama Islam (Kesabaran) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(2), 302–311.

Isnaeni, Peni. (2021). Konformitas terhadap perilaku agresif pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 121–128.

Khoiriyati, Nur. (2020). pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa smk muhammadiyah 1 palembang. Kompasiana. Com.

Maghvirah, Nurul. (2019). Kontribusi Konformitas Kelompok Teman Sebaya terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu Pada Remaja di Kota Bukittinggi. Universitas Negeri Padang.

Maheswari, Bidari Madya. (2014). Hubungan Antara Secure Attachment Dengan Orang Tua Dan Regulasi Emosi Dengan Romantic Attachment Pada Remaja Penyandang Tuna Rungu Di SLB-B Kabupaten Wonosobo.

Mardison, Safri. (2016). Konformitas teman sebaya sebagai pembentuk perilaku individu. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 2(1), 78–90.

Masya, Hardiyansyah, & Candra, Dian Adi. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (e-Journal), 3(2), 103–118.

Mitan, Kresensia Asfiani, & Nuwa, Gisela. (2022). Eksistensi Du’a Mo’an Watu Pitu dalam Melestarikan Budaya Kula Babong pada Masyarakat Etnis Krowe di Kabupaten Sikka. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 29–40.

Nasution, Muhammad Amin, Januri, Muhammad Rizal, & Shodikin, Marwan Ali. (2022). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Siswa Smpn 1 Puncak Sorik Marapi: Sebuah Analisis Fenomenologis [Impact Of Online Games On Social Behavior Of Smpn 1 Puncak Sorik Marapi Students: A Phenomenological Analysis]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 2(2), 71–86.

Nirwanda, Cesaria Septa, & Ediati, Annastasia. (2016). Adiksi game online dan ketrampilan penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Empati, 5(1), 19–23.

Pratama, Henky S. (2018). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap merchandise liverpool pada anggota suporter klub sepakbola liverpool di Bekasi. Jurnal Psikologi, 10(2).

Sari, Sioratna Puspita, & Bermuli, Jessica Elfani. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121.

Surbakti, Krista. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Trisnani, Rischa Pramudia, & Wardani, Silvia Yula. (2018). STOP KECANDUAN GAME ONLINE Mengenal Dampak Ketergantungan pada Game Online serta Cara Menguranginya. Unipma Press.

UTAMI, RIZKI ARTI. (2022). FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TINDER UNTUK MENCARI TEMAN ATAU PASANGAN PADA KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Lampung).

UTAMI, WINDI TRIKANTI. (2019). Hubungan kebiasaan bermain game online dengan perilaku belajar siswa kelas V SD Al-Kautsar Bandar Lampung.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Anggreiny Tmaneak, M., Keraf, A. ., & Carlista Mage, M. Y. . (2024). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Bermain Game Online pada Pelajar SMP Negeri Alok Maumere. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(5), 381–392. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1298