Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus Pada Institut Agama Kristen Negeri Ambon)

Authors

  • Richelia Rosenda Birahy Ambon
  • Steven Siaila Universitas Pattimura, Ambon, Maluku
  • JR. Patiruhu Universitas Pattimura, Ambon, Maluku

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1310

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan Lakip (Laporan Kinerja) Iakn Ambon di Tahun 2021 dan Tahun 2022, beberapa sasaran dan target kerja belum tercapai sesuai RENSTRA. Dan pengukuran kinerja di IAKN Ambon, yang hanya menggunakan RESTRA sebagai acuan, belum memiliki standar serta indikator pencapaian yang dapat diukur.

Tujuan: Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan perumbuhan terhadap kinerja keuangan IAKN Ambon.

Metode: . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 75 orang, terdiri dari pegawai, dosen dan mahasiswa IAKN Ambon. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Purposive Sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Model Linier berganda.

Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah perspektif keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan IAKN Ambon. Perspektif pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan IAKN Ambon. Perspektif proses bisnis internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan IAKN Ambon. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan IAKN Ambon.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perspektif keuangan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan IAKN Ambon, sementara perspektif pelanggan tidak berpengaruh secara signifikan

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Birahy, R. R., Siaila, S. ., & JR. Patiruhu. (2024). Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus Pada Institut Agama Kristen Negeri Ambon) . Jurnal Sosial Dan Sains, 4(5), 393–402. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1310