Strategi Public Relations Perusahaan X dalam Menangani Permasalahan Eksternal yang Terjadi di Media Sosial

Authors

  • Sherlyn Nataniela Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • George Nicholas Huwae Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1363

Keywords:

Public Relations, Strategi Public Relations, Komunikasi, Strategi Komunikasi Eksternal

Abstract

Latar Belakang: Perusahaan X menggunakan media sosial dalam publikasi dan penyampaian informasi. Namun, akun X mengunggah konten X yang dicampur es krim Y di depan toko Y yang waralabanya bersertifikasi halal.

 

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi public relations Perusahaan X dalam menangani Permasalahan Eksternal yang terjadi di Media Sosial dengan Studi Kasus Konten X dan Y Tahun 2023.

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara mendalam dengan Staff Digital Marketing Cocktail.

Hasil: Hasil menunjukan bahwa Digital Marketing memiliki hasil penelitian dengan menggunakan Komunikasi Eksternal dimana dalam Komunikasi Eksternal terdapat dua saluran arah yaitu, Komunikasi dari Organisasi ke Khalayak, Komunikasi yang dilakukan pihak Perusahaan X kepada khalayak dan Komunikasi dari Khalayak ke Organisasi, Komunikasi yang dilakukan khalayak kepada Perusahaan X. Setelah penyelesaian dilakukan melalui Komunikasi Eksternal, dilakukannya Strategi Komunikasi untuk meningkatkan Corporate Image melalui tiga tujuan strategi komunikasi yaitu, to secure understanding, dengan memastikan publik atau customer mengerti pesan yang disampaikan.

Kesimpulan: to establish acceptance, merupakan cara yang digunakan agar publik atau customer dapat menerima dan mengerti makna dan pesan yang disampaikan. Terakhir adalah to motivate action, dimana pesan yang diterima benar-benar tersampaikan ke publik atau customer secara baik.

References

Alo, L. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementrian Agama RI. Jurnal Ilmu Komunikasi, 271.

Bachri, B. S. (2010). MEYAKINKAN VALIDITAS DATA MELALUI TRIANGULASI. Teknologi Pendidikan , 54-55.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Denzin , N. K., & Yvonna , S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar .

Effendy, O. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Prakteknya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2007). ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK. BANDUNG: PT. REMAJA ROSDAKARYA OFFSET .

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Prakteknya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, R. (2010). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Bandung: Kencana.

Moleong, L. J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan, M. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenada Media Group.

Muhammad, A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Newson, D., & Kruckeberg, J. V. (1999). This is PR: The Realities of Public Relations, Seventh Edition. Thomson Learning.

Oktarina, K. C. (2018). Strategi Komunikasi Eksternal untuk Menunjang Citra Lembaga. Economic Education Analysis Journal.

Oktaviani, A. (2023). Strategi Komunikasi Humas Pemko Pekanbaru Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @dokpimpekanbaru Sebagai Media Informasi. Riau : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Onong, E. u. (2015). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek . Jakarta : Erlangga .

Pienrasmi. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 199-210.

Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sandyakala, M. C. (2016). Strategi Mempertahankan Citra Positif Melalui Akun Media Sosial Facebook (Studi Deskriptif pada Humas Pemerintah Kota Sukabumi. 1-2.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Nataniela, S., & Nicholas Huwae, G. (2024). Strategi Public Relations Perusahaan X dalam Menangani Permasalahan Eksternal yang Terjadi di Media Sosial. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(5), 352–366. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1363