Strategi Public Relations Perusahaan X dalam Menangani Permasalahan Eksternal yang Terjadi di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i5.1363Keywords:
Public Relations, Strategi Public Relations, Komunikasi, Strategi Komunikasi EksternalAbstract
Latar Belakang: Perusahaan X menggunakan media sosial dalam publikasi dan penyampaian informasi. Namun, akun X mengunggah konten X yang dicampur es krim Y di depan toko Y yang waralabanya bersertifikasi halal.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi public relations Perusahaan X dalam menangani Permasalahan Eksternal yang terjadi di Media Sosial dengan Studi Kasus Konten X dan Y Tahun 2023.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara mendalam dengan Staff Digital Marketing Cocktail.
Hasil: Hasil menunjukan bahwa Digital Marketing memiliki hasil penelitian dengan menggunakan Komunikasi Eksternal dimana dalam Komunikasi Eksternal terdapat dua saluran arah yaitu, Komunikasi dari Organisasi ke Khalayak, Komunikasi yang dilakukan pihak Perusahaan X kepada khalayak dan Komunikasi dari Khalayak ke Organisasi, Komunikasi yang dilakukan khalayak kepada Perusahaan X. Setelah penyelesaian dilakukan melalui Komunikasi Eksternal, dilakukannya Strategi Komunikasi untuk meningkatkan Corporate Image melalui tiga tujuan strategi komunikasi yaitu, to secure understanding, dengan memastikan publik atau customer mengerti pesan yang disampaikan.
Kesimpulan: to establish acceptance, merupakan cara yang digunakan agar publik atau customer dapat menerima dan mengerti makna dan pesan yang disampaikan. Terakhir adalah to motivate action, dimana pesan yang diterima benar-benar tersampaikan ke publik atau customer secara baik.
References
Alo, L. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.
Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementrian Agama RI. Jurnal Ilmu Komunikasi, 271.
Bachri, B. S. (2010). MEYAKINKAN VALIDITAS DATA MELALUI TRIANGULASI. Teknologi Pendidikan , 54-55.
Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Denzin , N. K., & Yvonna , S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar .
Effendy, O. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Prakteknya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2007). ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK. BANDUNG: PT. REMAJA ROSDAKARYA OFFSET .
Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Prakteknya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kriyantono, R. (2010). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Bandung: Kencana.
Moleong, L. J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Morissan, M. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenada Media Group.
Muhammad, A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Newson, D., & Kruckeberg, J. V. (1999). This is PR: The Realities of Public Relations, Seventh Edition. Thomson Learning.
Oktarina, K. C. (2018). Strategi Komunikasi Eksternal untuk Menunjang Citra Lembaga. Economic Education Analysis Journal.
Oktaviani, A. (2023). Strategi Komunikasi Humas Pemko Pekanbaru Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @dokpimpekanbaru Sebagai Media Informasi. Riau : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Onong, E. u. (2015). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek . Jakarta : Erlangga .
Pienrasmi. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 199-210.
Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sandyakala, M. C. (2016). Strategi Mempertahankan Citra Positif Melalui Akun Media Sosial Facebook (Studi Deskriptif pada Humas Pemerintah Kota Sukabumi. 1-2.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sherlyn Nataniela, George Nicholas Huwae
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.