Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMAN 1 Juwana

Authors

  • Ulfatun Nuraini Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Tri Hartini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.140

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Talking Chip, Penyesuaian Diri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh angket kebutuhan peserta didik (AKPD) yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Juwana.  Berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik (AKPD) di SMA N 1 Juwana didapatkan hasil antara lain  siswa gagal menyesuaikan diri di sekolah terdapat 35, 30% dan itu termasuk yang paling tinggi, siswa belum bisa memiliki kepekaan diri dan social terdapat 32,39%, siswa sulit untuk belajar kelompok terdapat 32,99%,  siswa jenuh dan enggan masuk sekolah terdapat 31,93%, kurangnya etika dalam bergaul terdapat 31,95% . peneliti kemudian melakukan wawancara untuk memperkuat data dari AKPD yang didapati bahwa dari respon yang diwawancarai menyatakan masih rendah dalam menyesuaikan diri. Sebagai kelas  try out dipilih dengan teknik random sampling yaitu XI MIPA-A. Kelas  XI MIPA-B berjumlah 36 peserta didik digunakan kelompok ekperimen dan kelas XI MIPA-C berjumlah 36 digunakan sebagai kelompok. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh hasil t Hitung sebesar 3,086 sementara t tabel dengan db=(n1+n2)-2 = (10+10)-2 =18 dan taraf signifikansi 5%(0,05) sebesar 2,101 karena nilai sekor t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyesuaian diri siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok control.  Dengan demikian menunjukkan terdapat :” Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMA N 1 Juwana”. Saran hendaknya guru bimbingan dan konseling bagi siswa secara efektif dan optimal degan penggunaan berbagai metode diantaranya memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chip tehadap penyesuaian diri.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Nuraini, U., Supardi, S., & Hartini, T. . (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMAN 1 Juwana. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 619–628. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.140