Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMAN 1 Juwana
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.140Keywords:
Bimbingan Kelompok, Talking Chip, Penyesuaian DiriAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh angket kebutuhan peserta didik (AKPD) yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Juwana. Berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik (AKPD) di SMA N 1 Juwana didapatkan hasil antara lain siswa gagal menyesuaikan diri di sekolah terdapat 35, 30% dan itu termasuk yang paling tinggi, siswa belum bisa memiliki kepekaan diri dan social terdapat 32,39%, siswa sulit untuk belajar kelompok terdapat 32,99%, siswa jenuh dan enggan masuk sekolah terdapat 31,93%, kurangnya etika dalam bergaul terdapat 31,95% . peneliti kemudian melakukan wawancara untuk memperkuat data dari AKPD yang didapati bahwa dari respon yang diwawancarai menyatakan masih rendah dalam menyesuaikan diri. Sebagai kelas try out dipilih dengan teknik random sampling yaitu XI MIPA-A. Kelas XI MIPA-B berjumlah 36 peserta didik digunakan kelompok ekperimen dan kelas XI MIPA-C berjumlah 36 digunakan sebagai kelompok. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh hasil t Hitung sebesar 3,086 sementara t tabel dengan db=(n1+n2)-2 = (10+10)-2 =18 dan taraf signifikansi 5%(0,05) sebesar 2,101 karena nilai sekor t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyesuaian diri siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Dengan demikian menunjukkan terdapat :” Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMA N 1 Juwana”. Saran hendaknya guru bimbingan dan konseling bagi siswa secara efektif dan optimal degan penggunaan berbagai metode diantaranya memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chip tehadap penyesuaian diri.Published
2021-07-15
How to Cite
Nuraini, U., Supardi, S., & Hartini, T. . (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chip Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMAN 1 Juwana. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 619–628. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.140
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Ulfatun Nuraini, Supardi, Tri Hartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.