Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microlearning pada Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Perkantoran

Authors

  • Ja’far Amiruddin 3Universitas Negeri Jakarta
  • Imam Mahir Universitas Negeri Jakarta
  • Nadira Maharani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1437

Keywords:

Pembelajaran Mikro (microlearning), K3 untuk Perkantoran, ADDIE Model

Abstract

Latar Belakang: Sasaran pengunaan media pembelajaran ini adalah para pekerja perkantoran dan pengelola gedung

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah platform pembelajaran online menggunakan metode pembelajaran mikro (microlearning) dalam topik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) khususnya untuk lingkungan perkantoran. Platform ini akan mencakup berbagai elemen seperti video, kuis, infografis, dan PDF interaktif. Selain itu, penelitian ini juga akan mengevaluasi keefektifan dan kebermanfaatan dari platform pembelajaran berbasis microlearning ini dalam konteks K3 di lingkungan perkantoran.

Metode: Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan ADDIE Model (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Beberapa topik yang dijelajahi dalam pengembangan media pembelajaran ini meliputi ergonomi, pencahayaan, perilaku hidup sehat, serta kewaspadaan terhadap bencana. Dilakukan juga validasi terhadap hasil pengembangan media pembelajaran tersebut.

Hasil: Rata-rata penilaian untuk semua aspek dari validasi oleh ahli adalah sebagai berikut: penilaian ahli materi mencapai 4.62, yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan penilaian ahli media mencapai 4.41, juga termasuk dalam kategori sangat layak. Sementara itu, rata-rata penilaian dari hasil uji coba perorangan adalah 4.51, dan dari hasil uji coba kelompok kecil adalah 4.4, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak.

Kesimpulan: Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis microlearning yang dikembangkan untuk materi K3 di lingkungan perkantoran sangat cocok untuk digunakan dalam pendidikan bagi para pekerja perkantoran dan pengelola gedung.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Amiruddin, J., Mahir, I., & Maharani, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microlearning pada Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Perkantoran. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(7), 620–631. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1437