Strategi Ketahanan Pangan Provinsi Riau: Dampak Sosio-Ekonomi terhadap Masyarakat

Authors

  • Indra Indra Universitas Muhammadiyah Malang
  • Oman Sukmana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1439

Keywords:

Kebijakan Pemerintah, Ketahanan Pangan, Dampak Sosio Ekonomi

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan ketahanan pangan merupakan salah satu program utama pemerintah Republik Indonesia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi program dan kebijakan ketahanan pangan di masyarakat petani kabupaten/kota Provinsi Riau serta dampak implementasi kebijakan dan program ketahanan pangan terhadap sosio ekonomi masyarakat di Provinsi Riau

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang evaluasi kebijakan pangan di Provinsi Riau dan dampaknya terhadap masyarakat setempat.

Kesimpulan: Implementasi kebijakan dan strategi Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau belum berjalan dengan baik, dikarenakan dalam implementasi kebijakan dan strategi tidak tepat sasaran sehingga Undang-undang No. 18 Tahun 2012 yang mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan tidak terwujud.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Indra, I., Sukmana, O. ., & Wahyudi , W. (2024). Strategi Ketahanan Pangan Provinsi Riau: Dampak Sosio-Ekonomi terhadap Masyarakat. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(7), 632–652. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1439