Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Inkuiri Kelas IV SDN 32 Sungai Jaring

Authors

  • Misna Ilyas SDN 32 Sungai Jaring Agam Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.146

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Pendekatan Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA  siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring  dengan menggunakan metode Pendekatan Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring  yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring  dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil peningkatan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melafalkan dan menggunakan intonasi dalam IPA dari klasifikasi lebih dari cukup (67,69%) meningkat menjadi klasifikasi baik (72,31%). Kedua, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memilih kata atau diksi dalam IPA dari klasifikasi cukup (61,54%) meningkat menjadi klasifikasi lebih dari cukup (69,23%). Ketiga, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa  dalam menggunakan struktur kalimat dalam IPA dari klasifikasi hampir cukup (54,62%) meningkat menjadi klasifikasi lebih dari cukup (69,23%), keempat, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaitkan isi pembicaraan dengan topik dalam IPA dari klasifikasi baik (80%) meningkat menjadi klasifikasi baik sekali (86,92%), Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajara IPA dari klasifikasi hampir cukup (53,85%) meningkat menjadi klasifikasi lebih dari cukup (70%).Dapat disimpulkan secara keseluruhan keterampilan IPA  dengan menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring dapat meningkat dari penilaian cukup menjadi lebih dari cukup.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Ilyas, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Inkuiri Kelas IV SDN 32 Sungai Jaring. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 574–581. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.146