Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Inkuiri Kelas IV SDN 32 Sungai Jaring
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.146Keywords:
Hasil Belajar IPA, Pendekatan InkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring dengan menggunakan metode Pendekatan Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil peningkatan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melafalkan dan menggunakan intonasi dalam IPA dari klasifikasi lebih dari cukup (67,69%) meningkat menjadi klasifikasi baik (72,31%). Kedua, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memilih kata atau diksi dalam IPA dari klasifikasi cukup (61,54%) meningkat menjadi klasifikasi lebih dari cukup (69,23%). Ketiga, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan struktur kalimat dalam IPA dari klasifikasi hampir cukup (54,62%) meningkat menjadi klasifikasi lebih dari cukup (69,23%), keempat, Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaitkan isi pembicaraan dengan topik dalam IPA dari klasifikasi baik (80%) meningkat menjadi klasifikasi baik sekali (86,92%), Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajara IPA dari klasifikasi hampir cukup (53,85%) meningkat menjadi klasifikasi lebih dari cukup (70%).Dapat disimpulkan secara keseluruhan keterampilan IPA dengan menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas IV SD N 32 Sungai Jaring dapat meningkat dari penilaian cukup menjadi lebih dari cukup.Published
2021-07-15
How to Cite
Ilyas, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Inkuiri Kelas IV SDN 32 Sungai Jaring. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 574–581. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.146
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Misna Ilyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.