Analisis Komparasi Kedaulatan Siber Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara Australia dan New Zealand

Authors

  • Maruliana Sitanggang Universitas Paramadina Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1477

Keywords:

Analisis Komparasi, Kedaulatan Siber, Asia Tenggara

Abstract

Latar Belakang: Kedaulatan siber menjadi sangat penting bagi negara, karena dampak negatif apabila terjadi serangan, khususnya terhadap infrastruktur kritikal, dapat menggangu kelangsungan kehidupan masyarakat.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketahanan kedaulatan siber negara-negara Kawasan Asia Tenggara, Australia dan New Zealand dibandingkan dengan Indonesia.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode analisis komparatif (Comparative Analysis) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui komparasi kedaulatan negara, peneliti melakukan teori perhitungan terhadap tiga komponen kedaulatan siber masing-masing negara berdasarkan Theory of Three Perspectives, terbatas pada sektor kritikal energi dan transportasi.  Sumber data yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kedaulatan siber suatu negara suatu negara melalui cyber application, infrastruktur siber, dan data inti siber.

Hasil: Dalam penelitian ini terlihat bahwa ketahanan infrastruktur siber Indonesia dibandingkan dengan negara Kawasan Asia Tenggara, Australia dan New Zealand posisinya berada di level menengah (51%). Vietnam berada di posisi tertinggi (63%), diikuti Thailand (58%) dan Brunei Darusalam (58%).

Kesimpulan: Hasil olah data yang diperoleh, ketahanan infrastruktur siber Indonesia dibandingkan dengan negara Kawasan Asia Tenggara, Australia dan New Zealand pada penelitian ini posisinya merasa di level menengah, dan tidak lebih baik dengan Brunei Darusalam, Singapore, Vietnam. Namun demikian, tingkat keamanan siber untuk infrastruktur krititkal di sektor transportasi dan energi di negara-negara Kawasan Asia Tenggara, Australia dan New Zealand masih sangat perlu ditingkatkan. Hal tersebut karena angkanya yang masih belum mencapai 100%. Dengan demikian masih terdapat potensi kebocoran dan kerusakan jaringan dan aplikasi.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Sitanggang, M. (2024). Analisis Komparasi Kedaulatan Siber Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara Australia dan New Zealand. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(7), 653–664. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1477