Kegiatan Preservasi Fisik Naskah Gĕbang di Perpustakaan Nasional RI

Authors

  • Yohana Grace Universitas Padjajaran
  • Ute Lies Siti Khadijah Universitas Padjajaran
  • Evi Nursanti Rukmana Universitas Padjajaran

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1481

Keywords:

Preservasi Fisik, Naskah Lontar, Pelestarian Bahan Perpustakaan

Abstract

Latar Belakang: Salah satu peninggalan yang dianggap sebagai hasil nyata dari tulisan yang masih ada adalah naskah. Naskah berisi dokumen tentang pikiran, perasaan, dan pengetahuan suatu bangsa yang menghasilkan naskah itu sendiri. Oleh karena itu, naskah juga merupakan produk budaya yang secara relatif dapat memberikan memberikan informasi tentang cara pandang, sikap, dan perilaku suatu bangsa yang hidup pada zamannya.

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kegiatan pelestarian fisik naskah gĕbang. Lokasi penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Nasional RI. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh naskah gĕbang koleksi Perpustakaan Nasional RI. Seluruh naskah gĕbang ini merupakan naskah Sunda Kuno yang berisi adat istiadat dan kebudayaan masyarakat Sunda.

Metode: Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta melalui studi kepustakaan.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tindakan preservasi fisik terhadap naskah gĕbang koleksi Perpustakaan Nasional RI. Kegiatan preservasi fisik secara preventif dilakukan dengan melakukan survei kondisi bahan pustaka, pelatihan konservator professional, pengkondisian lingkungan di sekitar ruang penyimpanan, dan perencanaan kesiapan menghadapi bencana. Sedangkan untuk pencegahan lainnya secara kuratif dilakukan dengan cara mending manual, fumigasi, dan enkapsulasi

Kesimpulan: Perpustakaan Nasional RI telah melakukan berbagai upaya untuk melestarikan bentuk fisik koleksi naskah gebang agar tetap terjaga dan dapat diakses oleh pemustaka. 

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Grace, Y., Siti Khadijah, U. L., & Rukmana, E. N. (2024). Kegiatan Preservasi Fisik Naskah Gĕbang di Perpustakaan Nasional RI. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(7), 665–675. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1481