Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak di RA Al Wasliyah Cirebon

Authors

  • Ginna Novarianti Dpp Universitas Kuningan
  • Arif Rohman Hakim Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan
  • Solehudin Solehudin Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1482

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Peningkatan Prestasi Belajar, RA Al Wasliyah Cirebon

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan prestasi belajar anak merupakan salah satu tujuan utama pendidikan anak usia dini (PAUD). Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar anak, salah satunya adalah peran orang tua.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keterlibatan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak di RA Al Washliyah Cirebon.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan bantuan program statistika.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterikatan orang tua dengan prestasi belajar anak.

Kesimpulan: Orang tua yang memiliki keterikatan yang kuat dengan anak cenderung memiliki anak yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, orang tua perlu meningkatkan keterikatannya dengan anak agar dapat membantu anak mencapai prestasi belajar yang optimal.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Novarianti Dpp, G., Rohman Hakim, A. ., & Solehudin, S. (2024). Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak di RA Al Wasliyah Cirebon. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(7), 694–701. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1482