Meningkatkan Cumulative Productivity PC Big Digger Melalui Optimasi Monitoring Control dengan Develop dan Deploy Aplikasi Mocodesta

Authors

  • Rahmat Supriyanto PT Putra Perkasa Abadi, Jakarta
  • Andri Noparizal PT Putra Perkasa Abadi, Jakarta
  • Bondan Kesowo Pambudi PT Putra Perkasa Abadi, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1502

Keywords:

Cumulative Productivity, PC Big Digger, Monitoring Control, Mocodesta

Abstract

Latar Belakang : Dalam industri pertambangan, pemantauan dan pengendalian produktivitas merupakan aspek kritis yang menentukan efisiensi operasional. Namun, belum adanya platform yang user-friendly dan tersedia terus menerus untuk melakukan monitoring dan kontrol terhadap progres produktivitas menjadi kendala signifikan.

Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan cumulative productivity PC Big Digger melalui optimasi monitoring control dengan develop dan deploy aplikasi Mocodesta.

Metode : penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, studi literatur, develop & deploy sistem dan aplikasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif.

Hasil: hasil penelitian menunjukan bahwa data Plan Productivity All Big Digger (Loader) PPA yang ada pada PIT 2, diketahui bahwa setelah dilakukan perbaikan melalui Optimasi Monitoring Control dengan Aplikasi Mocodesta pada bulan Juni dan Juli, terjadi peningkatan kumulatif produktivitas PC Big Digger masing-masing sebesar 92,04% dan 92,78%.

Kesimpulan : aplikasi Mocodesta terbukti efektif dalam meningkatkan cumulative productivity PC Big Digger. Aplikasi ini dapat membantu operator mengoptimalkan kinerja PC Big Digger, menghemat waktu, dan meningkatkan efisiensi.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Supriyanto, R., Noparizal, A., & Kesowo Pambudi, B. . (2024). Meningkatkan Cumulative Productivity PC Big Digger Melalui Optimasi Monitoring Control dengan Develop dan Deploy Aplikasi Mocodesta. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(8). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1502