Implementasi Pre-Collision Avoidance Systems (PRECISE) pada Heavy Dump Truck di PT Putra Perkasa Abadi Jobsite PT Bukit Asam Tbk

Authors

  • Djoko Prasodjo Departemen Plant, PT Putra Perkasa Abadi
  • Muhibbudin Ikhwan Departemen Safety, Health and Environment, PT Putra Perkasa Abadi

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1511

Keywords:

kecelakaan kendaraan berkapasitas besar, inovasi, collision avoidance systems, heavy dump truck

Abstract

Latar Belakang: Sektor pertambangan merupakan sektor yang memiliki bahaya tinggi dan penyebab utama kematian, sehingga pekerja berisiko mengalami kecelakaan kerja, risiko yang menjadi masalah keselamatan industri pertambangan adalah risiko kecelakaan kendaraan berkapasitas besar, salah satunya adalah heavy dump truck. Faktor yang mempengaruhi kecelakaan antara lain adalah kondisi jalan, kondisi pengoperasian, kondisi cuaca, jarak pandang yang minim, dan perilaku operator yang keliru. Atas dasar tersebut PT Putra Perkasa Abadi jobsite PT Bukit Asam Tbk (PPA-BA) terus melakukan inovasi terutama pada bidang teknologi, untuk membantu perusahaan meningkatkan keselamatan dan produktifitas, salah satu inovasi dibidang teknologi yang diciptakan adalah sistem anti tabrakan heavy dump truk yang disebut Pre-Collision Prevention Drive Assist (PRECISE). PRECISE dapat berfungsi untuk mengurangi frekuensi tabrakan antara kendaraan dan kendaraan, kendaraan dan manusia, dan kendaraan dan infrastruktur.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem anti tabrakan, yaitu Pre-Collision Prevention Drive Assist (PRECISE), untuk meningkatkan keselamatan kerja di unit heavy dump truck di PT Putra Perkasa Abadi jobsite PT Bukit Asam Tbk.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara induktif.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem PRECISE efektif dalam mengurangi frekuensi tabrakan antara kendaraan dan objek lainnya, serta meningkatkan kesadaran situasional operator. Pemasangan sistem ini berhasil meningkatkan keselamatan operasional di lapangan.

Kesimpulan: Penerapan sistem PRECISE pada unit heavy dump truck di PPA-BA terbukti signifikan dalam mengurangi risiko kecelakaan, membantu operator dalam meningkatkan kewaspadaan, dan menekan kerugian material serta non-material akibat kecelakaan.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Prasodjo, D., & Ikhwan , M. (2024). Implementasi Pre-Collision Avoidance Systems (PRECISE) pada Heavy Dump Truck di PT Putra Perkasa Abadi Jobsite PT Bukit Asam Tbk. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(8), 797–809. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1511