Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 06 Surabayo
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.153Keywords:
Hasil Belajar IPA, Pendekatan Inkuiri, SiswaAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) merupakan salah satu ilmu yang berperan penting dalam kehidupan. Selain itu, IPA memiliki peranan penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD N 06 Surabayo dengan menggunakan metode Pendekatan Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 06 Surabayo yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian berupa hasil tes IPA, hasil lembar observasi, dan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas VI SD N 06 Surabayo tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas VI SD N 06 Surabayo dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan dari penilaian cukup menjadi lebih dari cukup.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rosneli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.