Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 06 Surabayo

Authors

  • Rosneli Rosneli SDN 06 Surobayo Agam Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.153

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Pendekatan Inkuiri, Siswa

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) merupakan salah satu ilmu yang berperan penting dalam kehidupan. Selain itu, IPA memiliki peranan penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA  siswa kelas VI SD N 06 Surabayo  dengan menggunakan metode Pendekatan Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 06 Surabayo  yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan  refleksi. Pengumpulan data penelitian berupa hasil tes IPA, hasil lembar observasi, dan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas VI SD N 06 Surabayo  tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa keterampilan IPA menggunakan Pendekatan inkuiri siswa kelas VI  SD N 06 Surabayo  dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan dari penilaian cukup menjadi lebih dari cukup.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Rosneli, R. (2021). Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 06 Surabayo. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 679–687. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.153