Penggunaan Media Grafis Kartu dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang

Authors

  • Syafrizal Efendi SD Negeri 24 Koto Malintang Agam Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.155

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Media Grafis Kartu, Siswa

Abstract

Media visual adalah media grafis yang disebut dengan  media dua dimensi. Media grafis adalah media yang berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan, dimana pesan dituangkan melalui lambang atau simbol komunikasi visual. Permasalahan yang dialami peneliti sebagai guru kelas tanggal 12 Agustus 2020, yaitu siswa kurang perhatian dalam belajar dan sulit memahami materi pelajaran sehingga minat belajar siswa melemah yang mengakibatkan  hasil  belajar  mata pelajaran IPS rendah. Penelitian ini dilakukan sebagai solusi agar meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media grafis kartu di kelas IV SDN 24 Koto Malintang.  Penelitian  dilakukan dalam  dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan silkus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penilaian dan tindak lanjut setiap siklus diadakan.  Pra siklus nilai rata-rata 63,70 (39%). Nilai rata-rata siklus I yaitu nilai rata-rata 68,05%, Nilai rata-rata siklus II yaitu 81.56. Peningkatan sangat signifikan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Efendi, S. (2021). Penggunaan Media Grafis Kartu dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang . Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 688–697. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.155