Penggunaan Media Grafis Kartu dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.155Keywords:
Hasil Belajar IPS, Media Grafis Kartu, SiswaAbstract
Media visual adalah media grafis yang disebut dengan media dua dimensi. Media grafis adalah media yang berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan, dimana pesan dituangkan melalui lambang atau simbol komunikasi visual. Permasalahan yang dialami peneliti sebagai guru kelas tanggal 12 Agustus 2020, yaitu siswa kurang perhatian dalam belajar dan sulit memahami materi pelajaran sehingga minat belajar siswa melemah yang mengakibatkan hasil belajar mata pelajaran IPS rendah. Penelitian ini dilakukan sebagai solusi agar meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media grafis kartu di kelas IV SDN 24 Koto Malintang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan silkus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penilaian dan tindak lanjut setiap siklus diadakan. Pra siklus nilai rata-rata 63,70 (39%). Nilai rata-rata siklus I yaitu nilai rata-rata 68,05%, Nilai rata-rata siklus II yaitu 81.56. Peningkatan sangat signifikan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Syafrizal Efendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.