Penggunaan Metode Pembelajaran Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru di SDN 4 Sikabu
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.156Keywords:
Penggunaan Metode pembelajran, Supervisi Klinis, GuruAbstract
Banyak kendala yang dihadapi SDN 4 Sikabu seperti sulitnya memperoleh tenaga pengajar sesuai bidangnya, terbatasnya guru tetap, kurangnya pengalaman mengajar bagi guru pada SD tersebut. Peningkatan kualitas yang mendesak dilakukan adalah kemampuan Guru dalam menggunakan metode pembelajaran agar pembelajaran lebih terarah sehingga diharapkan mampu meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan kegiatan visiting dalam melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Guru SDN 4 Sikabu dalam menggunakan metode pembelajaran dan menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran melaui spervisi klinis. Penelitian dilakukan di SDN 4 Sikabu selama kurang lebih tiga bulan di mulai tanggal 22 Juli sampai tanggal 4 September 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Perolehan hasil pada siklus I sebesar 58,23% guru berhasil menggunakan metode pembelajaran dan pada siklus 2 terdapat 91,66% guru berhasil menyelesaikan menggunakan metode pembelajaran. Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran setelah dilakukan supervisi klinis tahap 1 yaitu sebesar 33,43% dan masing-masing guru menunjukkan peningkatan yang signifikan. Supervisi klinis adalah salah satu pola yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jusneti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.