Penggunaan Metode Pembelajaran Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru di SDN 4 Sikabu

Authors

  • Jusneti SDN 4 Sikabu Agam Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.156

Keywords:

Penggunaan Metode pembelajran, Supervisi Klinis, Guru

Abstract

Banyak kendala yang dihadapi SDN 4 Sikabu seperti sulitnya memperoleh tenaga pengajar sesuai bidangnya, terbatasnya guru tetap, kurangnya pengalaman mengajar bagi guru pada SD tersebut. Peningkatan kualitas yang mendesak dilakukan adalah kemampuan Guru dalam menggunakan metode pembelajaran agar pembelajaran lebih terarah sehingga diharapkan mampu meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan kegiatan visiting dalam melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Guru SDN 4 Sikabu dalam menggunakan metode pembelajaran dan menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran melaui  spervisi klinis. Penelitian dilakukan di SDN 4 Sikabu selama kurang lebih  tiga bulan di mulai tanggal 22 Juli  sampai tanggal 4 September 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Perolehan hasil pada siklus I sebesar 58,23%  guru berhasil  menggunakan metode pembelajaran dan pada siklus 2 terdapat 91,66% guru berhasil menyelesaikan menggunakan metode pembelajaran. Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran setelah dilakukan supervisi klinis tahap 1 yaitu sebesar 33,43% dan masing-masing guru menunjukkan peningkatan yang signifikan. Supervisi klinis adalah salah satu pola yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Jusneti, J. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru di SDN 4 Sikabu. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 698–704. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.156