Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Mulia Siswa SMAN 1 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.157Keywords:
Strategi, Guru PAI, Pembinaan Akhlak MuliaAbstract
Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak mulia siswa memiliki peranan penting. Pembinaan akhlak mulia pada siswa sejatinya menentukan potret akhlak para siswa dan bisa menjadi ukuran keberhasilan dan ketidak berhasilan pendidikan terutama pendidikan Islam. Guru memiliki peran yang strategis dalam pembinaan akhlak mulia ini sehingga fungsi dan perannya bisa dimaksimalkan, terutama guru pendidikan agama Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah: mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di SMA Negeri 1 Bandung dan SMA Negeri 24 Bandung; mendeskripsikan hambatan guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan strategi pembinaan akhlak mulia peserta didik di SMA Negeri 1 Bandung dan SMA Negeri 24 Bandung mendeskripsikan implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di SMA Negeri 1 Bandung dan SMA Negeri 24 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan memilih lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bandung dan SMA Negeri 24 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik adalah dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, memberikan nasehat, memberikan motivasi, larangan, pengawasan, dan hukuman, Kemudian untuk hambatan yang dilalui guru dalam menerapkan strategi yaitu terbatasnya pengawasan pihak sekolah, lingkungan keluarga, latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan), pengaruh media elektronik gadget. Selanjutnya untuk implikasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik yaitu dalam kegiatan pembiasaan yaitu siswa melaksankan salat dhuhur berjamaah secara disiplin tanpa perlu instruksi dari guru sudah berjalan sendiri.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asep Kusno Suseno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.