Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training di SDN 18 Batanganai

Authors

  • Nurbayenti SD Negeri 18 Batang Anai Padang Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.159

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan Guru, Kelengkapan Mengajar, In-House

Abstract

Peningkatan kualitas guru yang mendesak adalah kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar agar pembelajaran lebih terarah sehingga diharapkan mampu meningkatkan prosentase ketuntasan belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan kegiatan In-House Training penyusunan kelengkapan mengajar sebagai penelitian tindakan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Guru menyusun kelengkapan mengajar dan menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode tindakan sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SDN 18 Batang Anai selama kurang lebih tiga bulan dimulai tanggal 22 Februari sampai dengan tanggal 4 Maret  2020. Hasil dari penelitian ini adalah pada siklus 1 diperoleh 56,23% guru berhasil menyelesaikan penyusunan kelengkapan mengajar dan pada Siklus 2 terdapat 89,23% guru berhasil menyelesaikan penyusunan kelengkapan mengajar.peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar sebesar 26,33%. untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajat pada SDN 18 Batang Anai dapat dilakukan melalui kegiatan In-House Training.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Nurbayenti, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training di SDN 18 Batanganai. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 726–733. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.159