Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Crossword Puzzle pada Siswa Smp Negeri 8 Penajam
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i8.179Keywords:
Media Crossword Puzzle, Kosakata, bahasa Ingggris kelas VIIAbstract
Pelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Penajam Paser Utara kurang membuat siswa belajar secara aktif. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga mengakibatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris kelas VII juga mengalami penurunan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan media yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris yaitu media crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media crossword puzzle untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Penajam Paser Utara subjek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Penajam Paser Utara yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi tes dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi soal dan lembar catatan lapangan. Analisis data penelitian menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Crossword Puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Peningkatan penguasaan bahasa Inggris siswa dapat dilihat dari peningkatan aspek mengartikan kosakata dari sebelum dilakukan tindakan sampai siklus II sebesar 0,22.Peningkatan aspek menulis sebelum dilakukan tindakan sampai siklus II sebesar 0,21, peningkatan aspek menggunakan kosakata bahasa Inggris dalam pembelajaran dari sebelum melakukan tindakan sampai siklus II sebesar 0,64 dan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan yaitu 55,11 dengan persentase ketuntasan sebesar 25%, setelah dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 76,78 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,28% serta peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Neni Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.