Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dengan Benda-Benda Manipulatif Melalui Pendekata Realistik di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Pondok Aren 04 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.214Keywords:
Konsep perkalian, Manipulatif, Pendekatan RealistikAbstract
Mata pelajaran matematika di kelas II SDN Pondok Aren 04 Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan dapat dipandang sebagai mata pelajaran cukup disenangi oleh siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika cukup baik, walaupun hasil yang diinginkan belum maksimal. Hasil tes yang siswa lakukan kurang tersusun rapih dan tingkat ketelitian masih rendah serta nilai yang diperoleh masih standar cukup (60). Data dari hasil evaluasi belajar pada semester 2 pada tahun ajaran 2006-2007 menunjukan bahwa hanya 38 % siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata 60. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptik analitik dengan model tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus tindakan, yang setiap siklus mengalami tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian tindakan kelas adalah SDN Pondok Aren 04 Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Sedangkan waktu penelitian ini dirumuskan pada bulan April tahuan 2018. Penelitian ini dilakukan di SDN Pondok Aren 04 Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan di kelas II mata pelajaran matematika pada semester II tahuan peljaran 2018-2019 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang , yakni terdiri dari 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian dilakukan di kelas II SDN Pondok Kacang Timur 03 Kecamatan Pondok Karen Kota Tangerang Selatan. Masalah yang ditemukan di kelas ini adalah mengenai perkalian. Sebelum melakukan penelitian, peneliti mengkatagorikan siswa dalam 3 katagori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Adapun hasil yang dilihat adalah dari nilai rapor matematika semester I. Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam perkalian.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurafiyah Nurafiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.