Manajemen Pelatihan Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi IT untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.224Keywords:
Manajemen, Pelatihan, Guru PAIAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesiapan guru Pendidikan Agama Islam menjadikan Teknologi Informasi (TI) misalnya komputer, internet dan sejenisnya sebagai sarana dan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar lebih optimal. Berdasarkan realitas, aplikasi (TI) pada waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih banyak menggunakan cara-cara konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan metode lain yang berpusat pada guru (teacher-centered).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi IT untuk mewujudkan mutu pembelajaran siswa di KKG PAI Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang tidak mencari sebab akibat, namun lebih berupaya memahami situasi tertentu dengan bentuk penelitian studi kasus (case study) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Menurut penelitian kualitatif data yang dapat diperoleh berasal dari naskah wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumen pribadi, cacatan memo dan dokumen resmi lainnya dengan tujuan mendeskripsikan realitas empiris di balik fenomena yang ada secara mendalam, rinci dan tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelatihan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi IT untuk mewujudkan mutu pembelajaran siswa di KKG PAI Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur cukup efektif. Efektivitas tersebut terlihat dari pola manajemen organisasi yang dilakukan oleh pengurus KKG tersebut. Organisasi berjalan dengan baik, pola manajemen yang dilakukan dengan bertumpu pada empat fungsi manajemen juga berlangsung baik. Peningkatan kompetensi IT guru PAI di lingkup KKG PAI Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur cukup efektif berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti lakukan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yani Sumarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.