Manajemen Pelatihan Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi IT untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran Siswa

Authors

  • Yani Sumarni Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.224

Keywords:

Manajemen, Pelatihan, Guru PAI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesiapan guru Pendidikan Agama Islam menjadikan Teknologi Informasi (TI) misalnya komputer, internet dan sejenisnya sebagai sarana dan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar lebih optimal. Berdasarkan realitas, aplikasi (TI) pada waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih banyak menggunakan cara-cara konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan metode lain yang berpusat pada guru (teacher-centered).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi IT untuk mewujudkan mutu pembelajaran siswa di KKG PAI Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang tidak mencari sebab akibat, namun lebih berupaya memahami situasi tertentu dengan bentuk penelitian studi kasus (case study) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Menurut penelitian kualitatif data yang dapat diperoleh berasal dari naskah wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumen pribadi, cacatan memo dan dokumen resmi lainnya dengan tujuan mendeskripsikan realitas empiris di balik fenomena yang ada secara mendalam, rinci dan tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelatihan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi IT untuk mewujudkan mutu pembelajaran siswa di KKG PAI Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur cukup efektif. Efektivitas tersebut terlihat dari pola manajemen organisasi yang dilakukan oleh pengurus KKG tersebut. Organisasi berjalan dengan baik, pola manajemen yang dilakukan dengan bertumpu pada empat fungsi manajemen juga berlangsung baik. Peningkatan kompetensi IT guru PAI di lingkup KKG PAI Kecamatan Ciranjang dan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur cukup efektif berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti lakukan.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Sumarni, Y. . (2021). Manajemen Pelatihan Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi IT untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran Siswa. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(10), 1.152 – 1.169. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.224