Pengembangan LKS Digital Berbasis Problem Solving Terintegrasi Karakter Islami dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1

Authors

  • Miftahudin Miftahudin

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.233

Keywords:

karakter islami, problem solving, LKS digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui kelayakan LKS digital berbasis problem solving terintegrasi karakter islami, (2) Mengetahui kepraktisan LKS digital berbasis problem solving terintegrasi karakter islami pada peserta didik kelas 3 tema 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba dilakukan terhadap peserta didik kelas III SD Negeri Pekutan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi: (1) hasil validasi kelayakan LKS digital diperoleh rata-rata 3,57 dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi mendapatkan Percentage Agreement(PA)95,28%, (2) hasil kepraktisan worksheet ditinjau dari respon peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan respon 66,7% dengan kriteria sangat baik, dan 33,3% dengan kriteria baik. sedangkan respon peserta didik dengan uji luas memperoleh respon sebesar 71,4% dengan kriteria sangat baik, dan 28,6% dengan kriteria baik. Adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I, II, dan III diperoleh rata-rata Percentage Agreement(PA)94,59% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS digital berbasis problem solving terintegrasi karakter islami layak digunakan untuk tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Miftahudin, M. (2021). Pengembangan LKS Digital Berbasis Problem Solving Terintegrasi Karakter Islami dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1 . Jurnal Sosial Dan Sains, 1(10), 1.234 – 1.245. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.233