Pengembangan LKS Digital Berbasis Problem Solving Terintegrasi Karakter Islami dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 1
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.233Keywords:
karakter islami, problem solving, LKS digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui kelayakan LKS digital berbasis problem solving terintegrasi karakter islami, (2) Mengetahui kepraktisan LKS digital berbasis problem solving terintegrasi karakter islami pada peserta didik kelas 3 tema 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba dilakukan terhadap peserta didik kelas III SD Negeri Pekutan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi: (1) hasil validasi kelayakan LKS digital diperoleh rata-rata 3,57 dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi mendapatkan Percentage Agreement(PA)95,28%, (2) hasil kepraktisan worksheet ditinjau dari respon peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan respon 66,7% dengan kriteria sangat baik, dan 33,3% dengan kriteria baik. sedangkan respon peserta didik dengan uji luas memperoleh respon sebesar 71,4% dengan kriteria sangat baik, dan 28,6% dengan kriteria baik. Adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I, II, dan III diperoleh rata-rata Percentage Agreement(PA)94,59% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS digital berbasis problem solving terintegrasi karakter islami layak digunakan untuk tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III Sekolah Dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Miftahudin Miftahudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.