Persepsi dan Urgensi Pembelajaran Daring Mahasiswa di Masa Covid-19

Authors

  • Nurwinda Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Annisa Dian Ramadhania Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yovitan Maulidyarsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Faridah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.234

Keywords:

Pendidikan, Daring, Pandemi, persepsi

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah program yang harus diikuti oleh semua orang, yang termasuk kedalam pendidikan tidak hanya kegiatan belajar dengan cara membuka buku, diskusi dan kemudian sudah selesai. Dinamakan dengan pendidikan merupakan pengubahan moral atau sikap seseorang atas apa yang telah dimiliki maka inilah yang dinamakan dengan pendidikan sebenarnya mengubah tingkah laku menjadi lebih baik untuk kedepannya. Dengan ini maka diperlukan kedewasaan untuk bersikap seperti kebijakan yang telah disampaikan oleh Kementerian Pendidikan Sosial Budaya yang mengesahkan bahwa pembelajaran akan tetap dilaksanakan secara online atau vitual. Hal ini terjadi karena mewabahnya virus covid-19 atau bisa disebut dengan Severe Acute Respiratory Syndrom (SARS). Virus ini sangat berbahaya karena menyerang sistem pernapasan manusia, dengan ini Kemendikbud menyatakan bahwa pembelajaran dilakukan cukup  di rumah saja, dimulai dari melaksanakan kegiatan ibadah sampai kegiatan sehari-hari cukup dirumah saja hal tersebut dilakukan guna untuk mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus covid-19. Sebagai generasi yang patuh maka semua orang harus mematuhi apa yang telah menjadi peraturan saat ini, seiring dengan berjalannya waktu kini daring telah berhasil dilaksanakan hanya saja adapun beberepa kendala yang memang dapat menghambat pekerjaan mahasiswa seperti memahami sebuah materi karena faktor jeleknya jaringan di tempat yang mahasiswa tempati saat ini. Tujuan penelitian ini mendeksripsikan persepsi dan urgensi pembelajaran daring mahasiswa di masa covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitiatif deskriptif karena data yang tekumpul berdasarkan responden mahasiswa Unsika.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Rahmawati, N., Dian Ramadhania, A. ., Maulidyarsih, Y. ., Faridah , S. ., & Dinar Pratiwi, W. . (2021). Persepsi dan Urgensi Pembelajaran Daring Mahasiswa di Masa Covid-19. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(10), 1246–1253. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.234