Pengaruh E-Kualitas Layanan, E-Kepercayaan dan E-Harga Terhadap E-Kepuasan dan E-Loyalitas Konsumen

Authors

  • Rufina Pramuditha Universitas Mulawarman
  • Syarifah Hudayah Universitas Mulawarman
  • Herning Indriastuti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.268

Keywords:

E-Kualitas Layanan, E-Kepercayaan, E-Harga, E-Kepuasan, E-Loyalitas

Abstract

Perkembangan internet dan jejaring sosial di Indonesia saat ini tidak hanya berfungsi sebagai media informasi dan media komunikasi saja, namun juga sebagai tempat transaksi jual beli suatu produk maupun jasa. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis dan membuktikan pengaruh tidak langsung e-kualitas layanan terhadap e-loyalitas melalui e-kepuasan pada marketplace Shopee di  Kalimantan Timur. Penelitian ini diolah dengan metode penelitian explanatory atau penelitan penjelasan. Maksud dari penelitian explanatory adalah penelitian yang menyoroti hubungan kausalitas antar variabel-variabel penelitian, dengan menguji rumusan hipotesis yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-kualitas layanan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap e-kepuasan. Nilai estimasi bertanda positif mengiden- tifikasikan bahwa semakin baik e-kualitas layanan yang dipahami oleh responden maka akan meningkatkan e-kepuasan konsumen Shopee di Kalimantan Timur. E-kepercayaan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap e-kepuasan. Nilai estimasi bertanda positif mengidentifikasikan bahwa semakin baik e-kepercayaan yang dipahami oleh responden maka akan meningkatkan e-kepuasan konsumen Shopee di Kalimantan Timur. E-harga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap e-kepuasan. Nilai estimasi bertanda positif mengidentifikasikan bahwa semakin baik e-harga  yang dipahami oleh responden maka akan meningkatkan e-kepuasan konsumen Shopee di Kalimantan Timur. E-kualitas layanan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap e-loyalitas. Nilai estimasi bertanda positif mengidentifikasikan bahwa semakin baik e-kualitas layanan yang dipahami oleh responden maka akan meningkatkan e-loyalitas konsumen Shopee di Kalimantan Timur.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Pramuditha, R., Hudayah , S. ., & Indriastuti, H. . (2021). Pengaruh E-Kualitas Layanan, E-Kepercayaan dan E-Harga Terhadap E-Kepuasan dan E-Loyalitas Konsumen. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(10). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i10.268