Kontribusi Media Pembelajaran Online, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Fajri Andri Putra Universitas Negeri Padang
  • Sukardi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.283

Keywords:

Pembelajaran berbasis online, lingkungan belajar, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Latar Belakang : Hasil belajar siswa belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya dukungan dari segi media pembelajaran selama daring, lingkungan belajar yang tidak mendukung dan motivasi belajar yang kurang. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kontribusi media pembelajaran online, lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap  hasil belajar siswa pada siswa jurusan TKJ kelas X SMKN 3 Kota Bengkulu. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 35 orang siswa SMKN 3 Kota Bengkulu. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa terdapat Kontribusi yang signifikan antara media pembelajaran online terhadap hasil belajar, terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar, terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar, terdapat kontribusi media pembelajaran online (X1) lingkungan belajar (X2), dan motivasi belajar (X3) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y). Kesimpulan : pembelajaran berbasis online lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,005, hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara pembelajaran berbasis online terhadap hasil belajar; 2) Berdasarkan hasil uji korelasi linier sederhana, didapatkan bahwa nilai sig. dari lingkungan belajar lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,021 < 0,005.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Andri Putra, F., & Sukardi, S. (2021). Kontribusi Media Pembelajaran Online, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal Sosial Dan Sains, 1(12), 1.656 – 1.664. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.283