Kontribusi Media Pembelajaran Online, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.283Keywords:
Pembelajaran berbasis online, lingkungan belajar, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Latar Belakang : Hasil belajar siswa belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya dukungan dari segi media pembelajaran selama daring, lingkungan belajar yang tidak mendukung dan motivasi belajar yang kurang. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kontribusi media pembelajaran online, lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada siswa jurusan TKJ kelas X SMKN 3 Kota Bengkulu. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 35 orang siswa SMKN 3 Kota Bengkulu. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa terdapat Kontribusi yang signifikan antara media pembelajaran online terhadap hasil belajar, terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar, terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar, terdapat kontribusi media pembelajaran online (X1) lingkungan belajar (X2), dan motivasi belajar (X3) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y). Kesimpulan : pembelajaran berbasis online lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,005, hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara pembelajaran berbasis online terhadap hasil belajar; 2) Berdasarkan hasil uji korelasi linier sederhana, didapatkan bahwa nilai sig. dari lingkungan belajar lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,021 < 0,005.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fajri Andri Putra, Sukardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.