Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Shirley Khumaidah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Andik Susanto UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Yuda UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mohammad ilham ma'ruf UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.287

Keywords:

Film Cahaya Cinta Pesantren, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA, Pendidikan Karakter

Abstract

Latar belakang: Penanaman karakter merupakan bagian dari proses pembelajaran di satuan pendidikan itu sendiri, yangmana dimulai dari masa pra-sekolah, SD, SMP, SMA, sampai universitas. Tujuan : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam film Cahaya Cinta Pesantren adopsi dari novel karya Ira Madan yang diproduksi oleh Fullframe Pictures dan menghubungkannya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti tingkat Sekolah Menengah Atas Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil: Dalam film tersebut terdapat 17 nilai pendidikan karakter yang terdiri dari religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, ramah / komunikatif, cinta damai, cinta membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kesimpulan: Nilai-nilai tersebut tercermin dalam sikap dan tingkah laku para pemain di dalam film. Dan semua nilai tersebut berkaitan erat dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti yang ada di tingkat sekolah menengan atas (SMA), baik dalam tujuan dan fungsi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta pada standart bahan kajian dan standart kompetensi dasar pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Khumaidah, S. ., Susanto, M. A. ., Yuda , M. ., & ilham ma’ruf, M. . (2021). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Jurnal Sosial Dan Sains, 1(12), 1693–1699. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.287