Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kota Pematangsiantar Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl)

Authors

  • Restar Revolita Tambunan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.289

Keywords:

Kemampuan, Pemecahan Masalah, Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Latar Belakang : Pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika yaitu pendekatan pembelajaran menekankan pada hal menghadapkan peserta didik berlatih melakukan pemecahan masalah dan berpikir analitik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara empirik tentang (1) perbedaan peningkatan kemampuan  pemecahan  masalah  matematika antara siswa  yang  menggunakan model  pembelajaran CTL dibandingkan dengan  siswa  yang pembelajarannya  menggunakan   model  pembelajaran  biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode : Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri  berakreditasi B di kota Pematangsiantar. Secara acak dipilih 2 buah sekolah sebagai objek penelitian yaitu SMP Negeri 7 dan SMP Negeri 8. Selajutnya dipilih masing masing dua kelas VII yang  paralel dari tiap sekolah dan terpilih 2 kelas dari SMP Negeri 7  yaitu kelas VII-4 dan VII-5 sedangkan dari  SMP Negeri 8 kelas VII-5 dan VII-6 sebagai sampel penelitian. Hasil : Hasil utama penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan  pemecahan  masalah  matematika antara siswa  yang  menggunakan model  pembelajaran CTL dibandingkan dengan  siswa  yang pembelajarannya  menggunakan   model  pembelajaran  biasa dan dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada aspek memahami masalah lebih baik dari aspek yang lainnya. Kesimpulan : Peneliti menyarankan agar pembelajaran CTL dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru SMP dalam mengajar matematika.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Revolita Tambunan, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kota Pematangsiantar Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl). Jurnal Sosial Dan Sains, 1(12), 1.706 – 1.710. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.289