Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kota Pematangsiantar Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.289Keywords:
Kemampuan, Pemecahan Masalah, Pengajaran dan Pembelajaran KontekstualAbstract
Latar Belakang : Pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika yaitu pendekatan pembelajaran menekankan pada hal menghadapkan peserta didik berlatih melakukan pemecahan masalah dan berpikir analitik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara empirik tentang (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode : Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri berakreditasi B di kota Pematangsiantar. Secara acak dipilih 2 buah sekolah sebagai objek penelitian yaitu SMP Negeri 7 dan SMP Negeri 8. Selajutnya dipilih masing masing dua kelas VII yang paralel dari tiap sekolah dan terpilih 2 kelas dari SMP Negeri 7 yaitu kelas VII-4 dan VII-5 sedangkan dari SMP Negeri 8 kelas VII-5 dan VII-6 sebagai sampel penelitian. Hasil : Hasil utama penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran biasa dan dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada aspek memahami masalah lebih baik dari aspek yang lainnya. Kesimpulan : Peneliti menyarankan agar pembelajaran CTL dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru SMP dalam mengajar matematika.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Restar Revolita Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.