Pengembangan Desain Pembelajaran Model Addie Mata Pelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.290Keywords:
Pengembangan, desain pembelajaran, model ADDIEAbstract
Latar belakang: Pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan materi, kebutuhan siswa, dan memuat hal yang berkaitan langsung dengan aktivitas pembelajaran sangatlah diperlukan. Untuk itu diperlukan suatu perubahan dalam mendesain perangkat pembelajaran yaitu dengan menerapkan salah satu model pembelajaran sebagai upaya pencapaian dan penguasaan kompetensi siswa. Tujuan : Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa rencana pelaksanaan pembelajaran model Analisis Desain Develop Implementasi Evaluasi (ADDIE) mata pelajaran bahasa Inggris yang teruji validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya serta memiliki dampak terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa di MTs Subulussalam Kayuagung. Metode: Penelitian ini menggunakan Menggunakan desain penelitian pengembangan yaitu suatu proses dalam mengembangkan dan validasi produk melalui beberapa tahap. Pertama, self evaluation meliputi analisis siswa, materi, dan tahap melakukan perancangan perangkat pembelajaran model Analisis Desain Develop Implementasi Evaluasi (ADDIE). Kedua, melakukan uji validasi produk kepada expert review dan one-to-one. Ketiga, uji validasi produk kepada Small Group. Produk yang telah dihasilkan berdasarkan uji validasi oleh expert, one-to-one, dan small group selanjutnya digunakan pada subjek penelitian yang sebenarnya atau field test. Hasil: Produk yang diberikan pada field test merupakan produk yang telah memenuhi standar validitas, kepraktisan dan keefektifan. Kesimpulan: Penelitian ini menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran model Analisis Desain Develop Implementasi Evaluasi (ADDIE) mata pelajaran bahasa Inggris yang teruji validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya dan memiliki dampak dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa di MTs Subulussalam Kayuagung.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.