Komunikasi Pemasaran Terintegrasi untuk Meningkatkan Kesadaran Merek Soto Kudus Pak Minto
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i9.3171Keywords:
komunikasi pemasaran terintegrasi, kesadaran merek, strategi pemasaran, soto kudusAbstract
Latar Belakang: Industri makanan dan minuman (FnB) memegang peran penting dalam perekonomian global dan lokal, terutama di Indonesia, di mana sektor ini berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Soto Kudus Pak Minto merupakan salah satu pemain dalam sektor ini yang menghadapi tantangan persaingan dan penurunan laba di tengah pertumbuhan sektor FnB yang pesat.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal bisnis Soto Kudus Pak Minto guna merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kesadaran merek dan daya saing.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data utama. Analisis tematik dan SWOT digunakan untuk menganalisis situasi bisnis dan memetakan strategi pemasaran yang sesuai. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan perangkat lunak Nvivo.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Soto Kudus Pak Minto memiliki keunggulan dalam hal cita rasa yang otentik, namun mereka menghadapi beberapa tantangan, termasuk persaingan yang ketat, kenaikan biaya operasional, dan kurangnya strategi pemasaran yang terintegrasi.
Kesimpulan: Penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi pemasaran terpadu (IMC) yang memanfaatkan media sosial, kerja sama dengan agen perjalanan, dan promosi diskon untuk meningkatkan kesadaran merek dan memperluas pangsa pasar. Pendekatan ini diharapkan
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eikal Halim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.